Dorong industri halal, Jatim kembangkan cangkang kapsul dari rumput laut

Selasa, 6 Oktober 2020 | 12:31 WIB ET
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa

SURABAYA, kabarbisnis.com: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur terus berusaha untuk mendorong industri halal. Salah satunya dengan melakukan sertifikasi produk halal produk, mulai dari produk pangan UMKM, sertifikasi juru sembelih hingga pengadaan kapsul obat dari rumput laut.

"Kami di Jawa Timur akan tetap mendorong industri halal," kata Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dalam dalam Opening Ceremony FESyar 2020: Mendorong Ekonomi Syariah Sebagai Salah Satu Pertumbuhan Baru Ekonomi Nasional, Jakarta, Senin (5/10/2020).

Khofifah menjelaskan, dalam mengembangkan dan memperluas kegiatan ekonomi syariah pihaknya mendorong sertifikasi juru sembelih halal (Juleha). Para penjagal bagi rumah potong hewan (RPH) sampai jagal di pasar tradisional dilakukan sertifikasi.

Dalam dunia medis, Pemprov Jawa Timur tengah mengembangkan teknik industri pengembangan cangkang kapsul obat dari rumput laut. Program bersama Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga ini digagas dalam rangka menyediakan produk medis halal.

"Sudah mengembangkan kapsul berbahan rumput laut yang berarti halal," kata Khofifah.

Selain itu, Jawa Timur jua tengah mengembangkan Islamic Sains Park yang nantinya diharapkan akan menjadi magnet perekonomian syariah di dunia. Sehingga Indonesia menjadi wajah perekonomian syariah internasional.

Politikus PKB ini mengatakan pengembangan ekonomi syariah di daerah tidak bisa berjalan tanpa kolaborasi, sinergi dan koordinasi bagi semua pihak. Maka, dukungan dari pentahelix menjadi kunci perkembangan ekonomi syariah di daerah.

"Kami menyadari pengemabangan ekonomi dan ekonomi syariah di daerah tak terlepas dari dukungan, kolaborasi, sinergi dan koordinasi dengan semua lembaga dan pemerintah pusat dan daerah," kata dia.

Pengembangan dan perluasan ekonomi syariah ini juga diharapkan bisa mendorong akselerasi program pemulihan ekonomi nasional dari semua sektor.

Untuk itu pihaknya akan ikut serta dalam perkembangan ekonomi dan keuangan syariah. Maka, provinsi di timur pulau jawa ini akan melakukan pengembangan dan perluasan industri produk halal, keuangan syariah, sosial ekonomi syariah dan kegiatan usaha syariah. kbc10

Bagikan artikel ini: