Alhamdulillah, Survei BI: Penjualan eceran riil terus membaik

Kamis, 8 Oktober 2020 | 19:01 WIB ET

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) merilis hasil Survei Penjualan Eceran Agustus 2020 yang kondisinya semakin membaik, meskipun masih berada dalam fase kontraksi. Indeks Penjualan Riil pada Agustus 2020 tercatat sebesar 196,6 atau terkontraksi sebesar -9,2% (yoy), membaik dari -12,3% (yoy) pada Juli 2020.

Kepala Departemen Komunikasi BI, Onny Widjanarko menyampaikan, perbaikan terjadi pada sebagian besar kelompok barang, dengan penjualan kelompok makanan, minuman dan tembakau tumbuh positif, sejalan dengan implementasi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang mendorong aktivitas masyarakat.

“Perbaikan kinerja penjualan eceran diindikasikan berlanjut pada September 2020, terutama ditopang oleh kelompok makanan, minuman dan tembakau yang tetap tumbuh positif,” kata Onny Widjanarko dalam keterangan tertulisnya, Kamis (8/10/2020).

Onny menyampaikan, pertumbuhan IPR September 2020 diperkirakan sebesar -7,3% (yoy), membaik dari -9,2% (yoy) pada Agustus 2020, meskipun masih belum tumbuh positif seperti pada September 2019 yang sebesar 0,7% (yoy).

“Kelompok makanan, minuman dan tembakau diperkirakan tetap tumbuh positif dan lebih tinggi dari bulan sebelumnya. Kelompok barang lain yang penjualannya tumbuh membaik adalah kelompok bahan bakar kendaraan bermotor dan kelompok barang lainnya, khususnya subkelompok sandang, dan kelompok suku cadang dan aksesori,” kata Onny.

Responden menyatakan bahwa membaiknya penjualan eceran juga masih didorong oleh peningkatan permintaan dengan meningkatnya daya beli masyarakat sejalan dengan berbagai insentif pemerintah, kelancaran distribusi, dan banyaknya program diskon. kbc9

Bagikan artikel ini: