Garuda raih pinjaman kredit modal kerja Rp1 triliun dari Eximbank, ini peruntukannya

Jum'at, 9 Oktober 2020 | 11:32 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Maskapai nasional PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) mengumumkan telah mendapat pinjaman kredit modal kerja ekspor Rp 1 triliun dari Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia atau Indonesia Exim Bank.

Melalui surat resmi Garuda Indonesia (GIAA) kepada otoritas, Kamis (10/8/2020),  Garuda menyebut pinjaman ini memiliki jangka waktu atau tenor sepanjang 1 tahun. 

Direktur Keuangan dan Risiko Garuda Indonesia (GIAA) Fuad Rizal dalam surat tersebut menyatakan, pinjaman  ini merupakan program penugasan khusus ekspor berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Indonesia Nomor 428/KMK.08/2020 tentang Penugasan Khusus kepada LPEI untuk Mendukung Industri Penerbangan.

"Pinjaman tersebut dapat mendukung ativitas ekspor jasa perseroan dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional," tulis Fuad Rizal ke otoritas.

Tak jelas, ekspor jasa yang akan dilakukan Garuda (GIAA) serta besaran bunga pinjaman yang diberikan LPEI.

Yang jelas, Garuda (GIAA) dalam paparan ke DPR beberapa waktu yang lalu menyebut mem butuhkan pembiayan jumbo sebesar  Rp9,5 triliun untuk membiayai operasional perusahaan ini.

Garuda (GIAA) berharap dana talangan dari pemerintah dalam bentuk mandatory convertible bond senilai Rp8,5 triliun untuk dapat menjaga likuiditas serta solvabilitas pada  tahun 2020—2023.

Dalam perdagangan bursa, Kamis (8/10), saham GIAA di tutup di harga Rp 230 per saham, atau naik 0,88%. kbc10

Bagikan artikel ini: