Pekerja tipe ini banyak diburu perusahaan di masa pandemi

Sabtu, 17 Oktober 2020 | 08:14 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pandemi Covid-19 telah mengubah segala sektor termasuk bidang pekerjaan atau karir.

TopKarir Indonesia mencatat sejak April 2020 banyak permintaan pekerja yang memiliki kriteria di bidang teknologi informasi. Padahal, sebelumnya perusahaan cenderung mencari pegawai yang bakal bekerja di balik meja (back office).

CEO TopKarir Indonesia, Bayu Janitra Wirjoatmodjo mengatakan, di masa pandemi ini, perusahaan menginginkan pegawai yang bisa mengaktualisasikan dan membuat strategi bisnis yang baru.

"Sejak April arah kebutuhan perusahaan mencari pekerja yang bisa mengaktualisasikan dan membuat strategi perusahaan untuk bisa bangkit," kata Bayu dalam diskusi Top Business Talk #2 : Bangun Champion Team, Hadapi Resesi, Jakarta, Jumat (16/10/2020).

Bayu menjelaskan, di masa pandemi ini banyak perusahaan yang mulai beradaptasi dengan berbagai cara. Tidak sedikit mereka mencoba berinovasi dalam menjalankan bisnisnya. Semisal membuat mengembangkan produk baru atau menjajal peruntungan dengan produk baru.

"Sekarang ini banyak yang melakukan coba-coba," kata dia.

Menurut Bayu, bila hal ini berhasil, akan berdampak pada kondisi organisasi. Sebab, bisa saja produk yang dikembangkan atau produk baru yang diciptakan tidak sesuai dengan kemampuan pegawai.

"Bisa saja setelah effort kebutuhan talentnya ini jadi berbeda, misalnya dari yang tadi mengurusi teknis eh sekarang jadi talent pelayanan," kata dia.

Maka di masa sulit seperti ini, bangkitnya perusahaan bergantung pada kinerja pegawai. "Bangkitnya perusahaan dari resesi bergantung pada kinerja talenta kerja di dalamnya," pungkasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: