Pelaku usaha berpeluang dapat insentif keringanan pajak

Jum'at, 23 Oktober 2020 | 09:47 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Ada kabar gembira bagi para pelaku usaha. Pasalnya Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) membuka peluang untuk memberikan insentif tambahan kepada para pengusaha, salah satunya berupa keringanan pembayaran pajak.

Ketua Satgas PEN Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pihaknya terbuka untuk setiap usulan yang dilontarkan oleh pengusaha kepada pemerintah. Salah satunya adalah soal diskon pajak bagi perusahaan hingga industri.

“Kita terbuka untuk usulan teman-teman. Banyak usulan yang bisa dimasukkan. Salah satunya adalah mengenai insentif dunia usaha. Itu dalam bentuk pajak. Jadi apapun usulan mengenai perpajakan sebenarnya bisa diajukan,” ujarnya dalam diskusi virtual, Kamis (22/10/2020). 

Menurutnya, para pengusaha bisa mendetailkan usulan mengenai diskon pajak yang diinginkan. Selanjutnya usulan tersebut bisa disampaikan secara resmi kepada Satgas PEN.

“Sebernanya bisa diajukan secara resmi ke komite PEN. Kalau ada ide-ide dari teman-teman, karena kita enggak terlalu paham insentif fiskal, boleh kasih masukan,” jelasnya.

Menurut Budi, pemberian keringan pajak ini mungkin dilakukan karena pemerintah masih memiliki anggaran untuk pemulihan ekonomi. Selain itu, pemerintah juga masih memiliki instrumen fiskal yang bisa dipakai untuk membantu pengusaha agar bisa tetap bertahan dari pandemi Covid-19.

“Jadi misal temen-temen di industri baja bisa mengajukan insentif pajak yang bisa pemerintah lakukan dalam 18-24 bulan ke depan. Feel free diajukan saja supaya kami bisa proses,” ujarnya. kbc10

Bagikan artikel ini: