BTN incar pembiayaan rumah 300 ribu nasabah saban tahun

Jum'at, 23 Oktober 2020 | 10:27 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN), tengah mengincar posisi sebagai Bank Pembiayaan Perumahan Terbaik di Asia Tenggara pada 2025. Tak heran, bank pelat merah ini terus berupaya memperkuat produk pembiayaan perumahan.

“Sebagai Best Mortgage Bank, kami akan mencatatkan profit dan aset tertinggi di antara pemain sejenis,” jelas Direktur Utama Bank BTN, Pahala Nugraha Mansury dalam Paparan Kinerja Bank BTN Kuartal III/2020 di Jakarta, Kamis (22/10/2020).

Berbagai strategi telah disiapkan untuk menuju posisi tersebut pada lima tahun mendatang. Di antaranya dengan melipatgandakan perolehan dana murah serta membuat akses pemilikan rumah kian murah dan mudah.

Perseroan juga akan menyediakan berbagai fasilitas perbankan dan investasi untuk seluruh kalangan nasabahnya.

“Kita betul-betul ingin satu menjadi mitra bagi masyarakat Indonesia untuk memiliki perumahan. Pertahunnya kita estimasi nanti Bank BTN akan melakukan pembiayaan rumah antara 200 sampai dengan 300 ribu nasabah,” kata Pahala.

Ia menjelaskan, pada tahap awal akan melakukan pembiayaan pada 200 ribu nasabah terlebih dahulu. Harapannya, semakin lama akan semakin banyak peminatnya hingga mencapai 300 ribu nasabah per tahun.

“Sehingga orang yang bisa memperoleh pembiayaan dari kita sekarang, yaitu antara 1,2 juta sampai dengan 1,5 juta dalam 5 tahun jumlah orang yang bisa kita biayai untuk bisa memiliki perumahan,” kata dia.

Menurut Pahala, Bank BTN juga akan membangun portfolio berkualitas dengan NPL rendah yang sejalan dengan prinsip bisnis berkelanjutan.

Bank spesialis pembiayaan perumahan ini pun mengincar menjadi innovator di sisi digital dan rumah bagi putra-putri terbaik bangsa.

“Dengan menjadi yang terbaik, kami pun akan memberikan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia terutama dalam hal penyediaan rumah yang terjangkau,” tegas Pahala.

Sekadar diketahui, mengakhiri kuartal III/2020, Bank BTN mencatatkan perolehan laba bersih yang melesat di level 39,72 persen secara tahunan (year-on-year/yoy).

Perseroan tercatat mencetak laba senilai Rp 1,12 triliun per kuartal III/2020, naik dari Rp 801 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya. kbc10

Bagikan artikel ini: