Mau berlibur bersama si kecil, jangan lupa 7 perlengkapan wajib ini

Minggu, 25 Oktober 2020 | 14:39 WIB ET

PADA akhir pekan ini masyarakat Indonesia bakal menyambut libur panjang dalam rangka perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H. Tentunya, sebagian masyarakat akan memanfaatkan masa liburan ini untuk melakukan perjalanan wisata bersama keluarga.

Namun merencanakan liburan tentu harus disiapkan dengan matang agar tidak kerepotan saat tiba di tempat liburan. Apalagi kalau membawa balita untuk liburan. Biasanya kendala utama adalah perlengkapan balita yang tidak lengkap atau gak sesuai dengan kebutuhan di tempat liburan.

So, perlu ketelitian dalam mempersiapkan segala perlengkapan balita saat ingin traveling. Tak hanya itu, kamu juga perlu memahami tempat wisata yang ingin dikunjungi. 

Apakah mudah mendapat barang-barang yang diperlukan? Misalnya camilan, obat-obatan, dan lain sebagainya. Dengan begitu, kamu pasti akan lebih enjoy buat menikmati liburan dengan balita. Untuk membuat liburan kalian terasa nyaman, aman dan menyenangkan dengan balita, berikut sejumlah perlengkapan balita yang gak boleh Anda lupakan!

1. Pakaian Ganti dan Popok

Balita yang masih buang air di popok wajib menyiapkan beberapa popok di dalam tas traveling. Bisa kerepotan kalau di tempat tujuan gak ada yang menjual popok. Makanya, jangan lupa bawa popok balita secukupnya. Siapkan pula tisu basah dan kering untuk membersihkan si kecil dikala buang air. Selain itu, pakaian ganti juga wajib disiapkan agar saat baju yang dipakai basah, Anda langsung bisa menggantinya. Jika kamu pergi liburan dalam waktu beberapa hari, bawa pakaian ganti yang sesuai dengan waktu berapa lama kalian berlibur.

2. Jaket dan Selimut

Kondisi cuaca yang tidak menentu membuat kita harus lebih waspada saat ingin liburan. Jika cuaca di tempat traveling cukup dingin, bawalah jaket dan selimut untuk menghangatkan si kecil. Dengan begini, anak kamu pun tidak akan kedinginan dan gak mudah sakit. 

3. Mainan Si Kecil

Mainan termasuk barang yang wajib bawa ketika liburan dengan balita. Jangan sampai anak merasa bosan bahkan sampai rewel saat masih di perjalanan. Untuk mengatasi si kecil agar tidak merasa bosan, pastikan kamu membawa mainan anak buat menghiburnya. Mainan juga bisa membantu si kecil cepat beradaptasi sehingga tidak membuat anak mengalami gangguan tidur.

4. Selalu Siapkan Cemilan Anak

Menuju tempat tujuan pastinya membutuhkan waktu berjam-jam. Selama di perjalanan si kecil mungkin akan merasa lapar dan membutuhkan cemilan untuk mengganjal perutnya. Supaya anak tidak rewel karena lapar, selalu siapkan cemilan di dalam tas liburannya. Jadi, saat ia merasa lapar kamu langsung bisa memberikannya cemilan enak.

5. Penutup Kepala atau Topi

Cuaca yang terik atau panas kadang bisa bikin kepala jadi sakit atau pusing. Untuk itu, bawalah penutup kepala atau topi buat si kecil. Pilihlah penutup kepala atau topi dengan bahan yang nyaman dan gak menyerap panas supaya si kecil bisa merasa lebih nyaman saat memakai nya

6. Peralatan Balita Kereta Dorong

Berjalan jauh tentunya akan membuat balita cepat lelah. Jika kamu berwisata ke tempat yang mengharuskan kamu sering jalan, ada baiknya bawa stroller yang sesuai dengan kebutuhan si kecil. Bisa roda tiga atau roda empat. Pastikan bahan yang dimilikinya ringan serta gampang dilipat supaya bisa dibawa kemana-mana dengan mudah. Terutama ketika menyimpannya ke dalam bagasi mobil atau pesawat. 

7. Buku Bacaan Anak

Buku bacaan bisa menjadi salah satu sarana buat menghibur anak saat di dalam perjalanan. Kamu bisa membacakannya buku bacaan agar ia ada aktivitas selama di perjalanan atau ketika ia merasa bosan di tempat penginapan. Bawalah buku bacaan anak yang cukup ringan supaya tidak memakan banyak tempat.

Nah, sudah siapkah dalam menyambut liburan bersama si kecil? kbc7

Bagikan artikel ini: