Industri AMDK pede pasar bakal tumbuh positif di tahun ini

Senin, 26 Oktober 2020 | 09:17 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kinerja industri air minum dalam kemasan (AMDK) tahun ini diyakini akan tumbuh positif, seiring dengan mulai membaiknya permintaan produk di tengah pandemi Covid-19.

Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Air Minum dalam Kemasan Indonesia (Aspadin) Rachmat Hidayat menjelaskan sampai saat ini bisnis AMDK  masih cukup baik meski sebelumnya sempat terhambat akibat pandemi Covid-19.

"Kita mengalami perlambatan signifikan akibat Covid-19 terutama penjualan AMDK kemasan kecil. Tetapi secara total masih tumbuh positif," jelasnya akhir pekan lalu.

Rachmat mengatakan harapannya di tahun depan konsumsi AMDK akan meningkat kembali seiring mulai kembalinya aktivitas di luar rumah. Meskipun menurut Rachmat tingkat daya beli juga sangat bergantung pada keberhasilan pengendalian pandemi ini.

Maka dari itu, Rachmat bilang keberhasilan pengendalian pandemi akan sangat menentukan pemulihan aktivitas ekonomi, industri dan daya  beli. Kemudian juga soal kemudahan berusaha, seperti perizinan pemanfaatan sumber daya air dan pendirian pabrik.

"Saat ini industri AMDK mulai tumbuh lagi, perlahan, sudah mulai lebih baik dibanding awal pandemi. Kami berharap akhir tahun nanti bisa tumbuh positif meski sangat kecil. Kemungkinan sekitar tumbuh 1% atau kurang," tutup Rachmat. kbc10

Bagikan artikel ini: