75 Tahun terangi Indonesia, PLN sambung 250 KK di Kepulauan Kangean

Selasa, 27 Oktober 2020 | 19:40 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Momentum 75 tahun menerangi Indonesia bukan hanya menjadi jargon PLN semata melainkan kerja nyata yang terus digencarkan agar listrik bisa dinikmati hingga ke pelosok negeri.

Pada bulan Oktober ini, PLN ULP Kangean sambung 250 KK dengan masing-masing daya 1300 VA dengan total daya 325 kVA di Desa Timur Jangjang. Desa ini terletak di Kepulauan Kangean, Madura yang membutuhkan waktu tempuh sekitar 10 jam dengan kapal laut dan berjarak 100 km dari Sumenep.

"Sejalan dengan program Pemprov Jawa Timur target melistriki 100% kepulauan di Jawa Timur pada 2021 sudah digiatkan. Bahkan jauh sebelum itu, dari awal 2020 pun PLN menggencarkan upaya ini namun tak dapat dipungkiri Pandemi yang melanda negeri ini memberikan dampak yang cukup besar tak terkecuali PLN. Namun, pada momentum perayaan Hari Listrik Nasional ke 75 ini sesuai dengan tema kami yaitu Menerangi Indonesia Memajukan Bangsa, kami akan menggiatkan elektrifikasi di pulau-pulau terluar Jawa Timur agar semua masyarakat Indonesia dimanapun berada, merakan akses listrik yang sama dan memadai. Itu janji kami," tandas General Manager PLN UID Jawa Timur, Nyoman S. Astawa, Selasa (27/10/2020).

Dari segi kesiapan, ujarny, sejak Juli secara bertahap PLN unit kepulauan yakni ULP Kangean tengah aktif melakukan penyambungan di beberapa desa di pulau-pulau sekitar Kangean.

"Melistriki kepulauan bukan perkara yang mudah mulai dari medan yang sulit ditempuh, infrastruktur yang amat minim hingga lokasi geografis yang sulit dijangkau. Terlebih di tengah pandemi seperti ini transportasi antar pulau juga tidak mudah," papar Manager ULP Kangean, Muhammad Daan Agung Lazuardi.

ULP Kangean adalah Unit Layanan Pelanggan terbaru di Jawa Timur yang wilayahnya meliputi 11 pulau yakni Sapudi, Raas, Kangean, Sapeken, Tonduk, Gowa-gowa, Saobi, Sabuntan, Paliat, Pagerungan Kecil, Salala di Kepulauan Kangean. Memiliki total pelanggan sejumlah 33.737 pelanggan, ULP Kangean mengelola Jaringan Tegangan Menengah 20 kV sepanjang 179,23 kms untuk wilayah seluas 9.061 km2.

Salah satu warga Desa Jangjang, Nur Alam menyatakan, "Alhamdulillah rasa syukur yang luar biasa dan terima kasih kami ucapkan kepada PLN atas listrik yang sudah menyala yang sudah dapat kita nikmati, untuk sekolah, penerangan, sumur, dan banyak hal lainnya. Listrik masuk ke Desa Jang Jang ini bagaikan impian yang jadi nyata. Semoga kedepan PLN dapat menyambung lebih banyak lagi," jelasnya.

Selain Desa Jang Jang, penyambungan juga dilakukan di Dusun Daandung Atas, Sumur Kongo, Timurjangjang Bawah, Timurjangjang atas dan Pulau Sabuntan sebanyak 121 pelanggan.kbc6

Bagikan artikel ini: