Saingi Zoom, Google Meet tambah fitur kustomisasi latar belakang

Rabu, 4 November 2020 | 12:59 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Tak dapat dipungkiri, pandemi Covid-19 membuat penyedia layanan konferensi video berlomba-lomba menghadirkan berbagai fitur terbarunya untuk menggaet pengguna.

Google Meet adalah salah satu di antaranya, aplikasi besutan Google itu kembali mmenghadirkan fitur baru yang membuatnya makin bersaing dengan Zoom, salah satu pesaingnya.

Dilansir dari The Verge pada Selasa (3/11/2020), Google memperkenalkan fitur kustomisasi latar belakang khusus untuk platform konferensi videonya itu lewat mengumumkan dalam sebuah unggahan blog belum lama ini.

Jika Anda menggunakan Meet di browser Chrome Google, Anda seharusnya dapat mengakses fitur tersebut di Chrome OS serta di laptop dan desktop Windows dan Mac. Google menyatakan fitur ini juga akan dihadirkan untuk platform seluler dalam beberapa bulan kedepan.

Tidak ada ekstensi perambah yang diperlukan untuk mengaktifkan latar belakang yang dikustomisasi. Anda harus dapat menambahkan gambar latar belakang dari koleksi foto Anda sendiri atau dari perpustakaan gambar yang disediakan oleh Google yang mencakup lanskap, seni abstrak, dan kantor.

Walaupun demikian, Google menyebut bahwa diperlukan waktu hingga satu pekan sebelum semua pengguna Google Meet dapat mengakses opsi kustomisasi latar belakang.

Layanan konferensi video saingan Microsoft Teams dan Zoom keduanya sudah memungkinkan penggunaan gambar kustom untuk latar belakang rapat.

Ketiganya telah menambahkan fitur baru karena lebih banyak orang bergantung pada panggilan video saat bekerja dan bersekolah dari rumah selama pandemi; dalam beberapa bulan terakhir Meet menambahkan efek blur untuk latar belakang rapat, dan memperkenalkan teks waktu nyata, mode cahaya redup, pengangkatan tangan, dan tampilan ubin (layar Brady Bunch raksasa) yang menampilkan hingga 49 orang.

Google mengintegrasikan Meet ke dalam Gmail pada bulan Mei, menambahkan tautan bilah sisi dan mengadakan rapat hingga 100 orang tanpa batas waktu yang tersedia bagi siapa pun yang memiliki akun Google. kbc10

Bagikan artikel ini: