Kadin sebut Biden bakal beri kepastian bagi pelaku usaha

Senin, 9 November 2020 | 10:12 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Wakil Ketua Umum Bidang Hubungan Internasional Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Shinta Widjaja Kamdani menyatakan, kemenangan Joe Biden atas Donald Trump akan menciptakan sejumlah perubahan yang cukup signifikan.

Menurut Shinta, jika dibandingkan dengan pemerintahan Trump, kemungkinan besar Biden tidak akan menciptakan kejutan-kejutan yang kurang menyenangkan bagi negara lain di dunia seperti perang dagang.

"Ini dengan sendirinya menurunkan level ketidakpastian bagi pelaku usaha dunia," ujar Shinta seperti dikutip, Minggu (8/11/2020).

Shinta memperkirakan, Biden juga tidak akan memperluas kebijakan proteksionis yang sudah dilakukan Trump hingga saat ini. Kendati begitu, lanjut Shinta, pada saat yang sama Biden mungkin akan mengkoreksi kebijakan proteksionis Trump.

Menurut Shinta, sebagai presiden, Biden juga mempunyai kepentingan mempertahankan kebijakan Trump yang proteksionis terhadap pasar AS untuk menciptakan lapangan kerja baru di AS agar pulih dari krisis. 

"Jadi untuk Indonesia efeknya akan sangat sedikit, hampir seperti status quo," ucap Shinta.

Meski begitu, Shinta menilai Indonesia harus menyesuaikan diri untuk menjalin relasi dengan gaya pemerintahan Biden yang lebih suka membuat dan memimpin aliansi internasional daripada menciptakan kesepakatan-kesepakatan pragmatis tanpa melihat teman atau lawan. 

Kadin, kata Shinta, berharap pemerintahan Biden bisa melihat Indonesia sebagai negara berkembang yang bersahabat dan mitra strategis dalam kerja sama ekonomi, khususnya dalam hal pembentukan dan penguatan supply chain AS di Asia Pasifik sebagai alternatif dari Cina.

"Kami berharap pemerintahan Biden menunjukkan kebijakan-kebijakan yang positif dan kondusif untuk pendalaman supply chain Indonesia-AS seperti yang kita upayakan," ujar Shinta. kbc10

Bagikan artikel ini: