Generasi Z asyik berselancar di dunia maya minimal 4 jam sehari

Kamis, 12 November 2020 | 12:00 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Internet dan perangkat gadget telah menjadi halnyang tak bisa dipisahkan dalam keseharian generasi muda saat ini.

Executive Director Nielsen Media, HellenKatherina mencatat bahwa kepemilikan smartphone dalam Gen Z saat ini mencapai 86 persen, lebih banyak dibanding generasi terdahulunya. Gen Z dengan rentang usia 20-24 tahun paling sering menggunakan internet terutama melalui smartphone. Waktu berinternet mereka minimal 4 jam sehari.

"Kalau kita lihat, mulai bangun tidur, melek mata, melek internet juga. Dan dia terus on sepanjang hari. Berhentinya pas tidur di atas jam 10 malam," kata Hellen pada webinar Rabu (11/11/2020).

Secara indeks, konsumsi internet dari Gen Z mencapai 122. Sedangkan generasi milenial rentang usia 25-39 tahun menduduki urutan kedua yaitu 119. Lalu, generasi X yang usianya 40-54 tahun, indeks penggunaan internetnya hanya 84, dan generasi baby boomers usia di atas 55 tahun, indeks interaksinya dengan internet hanya 37.

Sejalan dengan kondisi Pandemi yang belum pulih, belajar online dan bermain games adalah dua hal yang paling sering dilakukan Gen Z di rumah.

"Karena sekarang masih Pandemi, jadi penggunaan terbanyak adalah untuk online learning. Urutan kedua adalah untuk bermain games. lalu ketiga adalah blogging, yang biasanya untuk segmen Gen Z yang lebih tua. Lalu, ada Job Hunting untuk mereka yang baru lulus SMA atau Kuliah. Dan kelima adalah akses video konten," ungkapnya.

Dia mengatakan, menurut hasil survei yang dilakukan Nielsen Media Indonesia melibatkan 17.000 responden dari rentang usia dimulai 10 tahun di 11 kota besar ini, mereka yang kisaran usia 10 sampai 15 tahun paling banyak bermain games.

"Main games untuk Gen z ini adalah kegiatan sehari-hari dan rata-rata menghabiskan lebih dari 1 jam untuk bermain. Gak heran jika Esports saat ini menjadi bertumbuh di masa pandemi karena mereka tidak bisa melakukan aktivitas di luar," katanya.

Menurut survei, karena Gen Z sangat melek dengan teknologi, gaya hidup Gen Z lebih suka menghabiskan waktu dengan internet dibanding dunia nyata. Seperti berbelanja online, memposting komentar dan review secara online, mencari product review secara online sebelum melakukan pembelian, bahkan iklan online yang ada di media sosial atau youtube pun juga ditonton oleh Gen Z.

"Kebalikannya dengan kita yang generasi X, justru mereka (Gen Z) paling sering menonton iklan di media sosial atau Youtube," imbuhnya

Selain internet, media kedua yang erat dengan Gen Z adalah televisi. Hal menarik yang Nielsen temukan berhubungan dengan lamanya mereka mengonsumsi kedua media ini.

"Semakin muda seseorang, semakin lama mereka menggunakan internet dan pola yang berkebalikan terjadi di media televisi. Dual screening adalah hal yang biasa untuk mereka dan jam sibuk mereka ber-dual screening adalah di jam 19.00-21.59," katanya. kbc10

Bagikan artikel ini: