Grab jadi perusahaan pertama RI operasikan 5 ribu kendaraan listrik

Senin, 30 November 2020 | 12:15 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah terus mendorong penggunaan kendaraan ramah lingkungan atau berbahan bakar non fosil. Hal ini merujuk pada Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 55 tahun 2019 tentang percepatan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai.

Menangkap program tersebut, Grab aktif menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah guna mendorong percepatan adopsi transportasi ramah lingkungan di Indonesia.

Saat ini, Grab menjadi perusahaan pertama di Indonesia yang mengoperasikan lebih dari 5.000 unit kendaraan berbasis listrik dan infrastruktur pendukung ekosistemnya, seperti Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum yang kini sudah tersedia di Jabodetabek dan Bali.

“Berapa hari yang lalu pemerintah provinsi Bali menghadirkan Kita 30 kendaraan motor listrik dan juga Stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum (SPBKLU) di 7 titik di seluruh Bali. Belakangan juga kita meluncurkan bersama dengan PT PLN, Grab dengan Kymco meluncurkan operasional SPBKLU juga di kantor PLN Upg Cikokol Tangerang di sekitaran Jakarta,” ujar President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata dalam video konferensi, akhir pekan lalu.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi lantas mengapresiasi langkah tersebut. “Kementerian Perhubungan menyambut baik atas dioperasikannya 5 ribu kendaraan berbasis listrik oleh Grab di seluruh Indonesia. Juga diresmikannya stasiun penukaran baterai kendaraan listrik oleh Grab pada bulan lalu,” kata Menhub.

Menhub berharap, penyedia layanan transportasi daring lainnya dapat turut mendukung infrastruktur yang diluncurkan pemerintah, dalam hal ini utamanya dari Kementerian Perhubungan.

“Kami berharap Grab maupun penyedia aplikasi transportasi dapat mendukung infrastruktur first mile dan last mile di layanan TemanBus milik Kemenhub dan program pemerintah lainnya yang menggunakan kendaraan ramah lingkungan,” kata Menhub. kbc10

Bagikan artikel ini: