Meski cuti akhir tahun dipangkas, AP II tetap siapkan tambahan slot penerbangan

Senin, 30 November 2020 | 12:32 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan tetap menyiapkan slot time bagi maskapai yang ingin menambah frekuensi penerbangannya pada masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), meski pemerintah telah memangkas cuti bersama.

Presiden Director Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, perseroan bersama stakeholder akan memastikan penerbangan berjalan lancar di seluruh bandara perseroan selama libur akhir tahun.

“Kami memastikan maskapai mendapat alokasi penerbangan tambahan dan perpanjangan jam operasional di bandara AP II jika diperlukan,” ujar Awaluddin, Minggu (29/11/2020).

Awaluddin mengatakan perseroan akan mengumumkan jumlah maskapai yang telah mengajukan penambahan waktu penerbangan dalam waktu dekat. Saat ini, perusahaan masih terus melakukan pendataan.

Dengan tambahan slot time penerbangan, Awaluddin berharap maskapai dapat memenuhi kebutuhan masyarakat untuk melaksanakan perjalanan. Sementara itu perpanjangan waktu operasional dilakukan agar jadwal pesawat tidak terkonsentrasi di jam-jam tertentu. “Sehingga physical distancing di bandara tetap terjaga,” tutur Awaluddin.

Selama masa libur Natal dan Tahun Baru, Angkasa Pura II akan mengaktifkan pos pengamanan di 19 bandara milik perusahaan. Perusahaan juga memastikan kecukupan personel operasional dan pelayanan guna memastikan penerapan protokol kesehatan terjaga.

“Infrastruktur pendukung juga dipastikan siap, seperti jaringan data dan berbagai fasilitas lain di terminal penumpang pesawat,” katanya.

Pemerintah telah mengeluarkan revisi surat keputusan terkait libur dan cuti bersama selama 2020. Dalam Revisi Surat Keputusan Nomor 174 Tahun 2020 yang disepakati tiga kementerian, libur nasional Natal 2020 hanya ditetapkan 25 Desember dan cuti bersama 24 Desember. kbc10

Bagikan artikel ini: