BI incar 12 juta UMKM gunakan QRIS di tahun depan

Selasa, 8 Desember 2020 | 09:56 WIB ET

JAKARTA, kabarbisis.com: Bank Indonesia (BI) mengklaim penggunaan QRIS (QR Code Indonesian Standard) sebagai kanal pembayaran digital sudah semakin meluas, utamanya dari segmen usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Gubernur BI Perry Warjiyo mencatat sudah ada 5,2 juta pelaku usaha UMKM yang terhubung dengan sistem pembayaran digital melalui QRIS.

Tahun depan Bank Indonesia bertekad untuk meningkatkan jumlah pelaku UMKM yang terhubung dengan sistem digital menjadi 12 juta UMKM.

"Tahun depan kami arahkan agar bisa menjadi 12 juta UMKM yang terhubung dengan sistem digital secara nasional," kata Perry di acara Bank Indonesia Bersama Rakyat (Birama) secara virtual, Jakarta, Senin (7/12/2020).

Upaya ini juga diikuti dengan mendorong industri perbankan untuk melakukan digitalisasi. Demikian juga dengan asosiasi sistem pembayaran yang mendorong perusahaan finance technology (fintech).

Dalam konteks ini, bos Bank Indonesia ingin perusahaan fintech terhubung dengan perbankan digital melalui open application programming interface. Sehingga pelayanan di sistem pembayaran busa dilakukan perbankan dengan cepat.

"Dengan kolaborasi ini bisa memenuhi kebutuhan masyarakat secara cepat, murah, aman dan handal," kata Perry. kbc10

Bagikan artikel ini: