Ini kunci sukses Auto2000 bawa Toyota kokoh jadi pemimpin pasar mobil Tanah Air

Kamis, 10 Desember 2020 | 21:21 WIB ET
Layanan dilakukan tim Auto2000 Cabang Kertajaya, Surabaya kepada pelanggan yang tetap menjalankan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19, mulai dari pelanggan masuk area diler, layanan penjualan, hingga bengkel. Ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pelanggan.
Layanan dilakukan tim Auto2000 Cabang Kertajaya, Surabaya kepada pelanggan yang tetap menjalankan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19, mulai dari pelanggan masuk area diler, layanan penjualan, hingga bengkel. Ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pelanggan.

TAK mudah membawa sebuah brand bisa menjadi pemimpin pasar, apalagi mampu bertahan selama bertahun-tahun di tengah ketatnya persaingan di pasar dan banyaknya pemain baru yang bermunculan.

Hal itu yang mungkin bisa disematkan pada brand Toyota, yang selama bertahun-tahun kokoh menjadi penguasa di pasar mobil Tanah Air. Tahun ini saja, di tengah lesunya pasar akibat pandemi, berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang periode Januari-Oktober 2020, Toyota berhasil menjual 141.542 unit mobil atau menguasai 31,2 persen dari total penjualan mobil di periode itu yang sebanyak 453.525 unit.

Bicara soal kendaraan bermotor, tentu bukan sebuah bisnis jangka pendek, yang notabene hanya jual putus dan setelah itu lepas begitu saja. Bisnis otomotif adalah bisnis jangka panjang dan produsen atau prinsipal dituntut untuk memberikan layanan purna jual secara berkelanjutan (sustainable).

Dan hal itu sangat disadari Toyota. Melalui jaringan penjualan dan layanan purna jualnya, brand ini sudah memperkuat dan memperluas ke seluruh pelosok Tanah Air, dengan standar yang tak diragukan lagi.

Bicara soal layanan penjualan dan purna jual Toyota di Indonesia, tentu tak bisa dilepaskan dari keberadaan Auto2000 sebagai jaringan dealer resmi Toyota terbesar di Tanah Air. Auto2000 yang merupakan Grup Astra Internasional memiliki modal sistem, sumber daya manusia (SDM) yang handal dan profesional, serta layanan dan budaya yang berstandar.

Menurut Kepala Cabang Auto2000 Kertajaya, Surabaya, Faris Henky Irawan, selain produk yang bagus dan dukungan jaringan penjualan, suku cadang dan servis yang terbesar di bisnis kendaraan roda empat Tanah Air, Toyota melalui dealer Auto2000 memiliki budaya kerja yang sudah terstandar, karena salah satu kunci kekuatan perusahaan adalah main power dan bekerja secara tim.

"Dengan adanya budaya kerja yang solid, seluruh SDM memiliki visi dan misi yang sama yang muaranya untuk kepuasan pelanggan dan masing-masing merasa bekerja dengan hati," katanya, baru-baru ini.

Menurut Henky, budaya kerja yang diterapkan di Auto2000 tertuang dalam kata "FIRST", yang merupakan kependekan dari Focus on customer, Integrity, Respect for other, Strive for excellenge, dan Team work.

Focus on customer, dia bilang, bahwa seluruh tim diharapkan bisa melayani dengan setulus hati dan melebihi harapan pelanggan. Integroty, dimana seluruh karyawan diharapkan memiliki integritas yang baik yakni kata dan tindakan yang selaras serta jujur dan adil. Respect for other yakni bahwa setiap SDM di Auto2000 harus memiliki empati dan menghargai orang lain.

"Sementara Strive for excellenge, artinya selalu memiliki jiwa yang baik dan melakukan yang terbaik. Dan terakhir Team work, dimana seluruh komponen bisa menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan kompak serta bersinergi, karena kita bekerja secara tim," beber Henky.

Budaya tersebut, lanjut dia, semuanya berimplikasi pada kepuasan pelanggan, tak hanya saat setelah membeli, namun juga terhadap layanan purna jual. Dengan budaya tersebut, diharapkan pelanggan memiliki ikatan batin yang erat dan tentunya berdampak pada keberlangsungan perusahaan.

Halaman 1 dari 3
Bagikan artikel ini: