DAMRI bakal sulap armada bermesin diesel menjadi bus listrik

Rabu, 16 Desember 2020 | 14:26 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Perusahaan Umum Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia (DAMRI) berencana mengubah armadanya yang masih memakai mesin diesel menjadi bus listrik.  DAMRI akan menjalankan program retrofit bus listrik untuk transportasi umum.

Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan Sidik Pramono mengatakan, ada beberapa partner swasta dalam program ini yakni PT Spora Tehnika Indonesia (Spora EV), Danfoss, PT Optima Integra Tehnika, PT Widya Adidaya Nusantara, dan PT ZFAG Aftermarket.

"Program retrofit, secara umum adalah program yang mengubah kendaraan konvensional, dalam hal ini bus lama bermesin diesel atau gas, menjadi bus listrik yang lebih ramah lingkungan, lebih ekonomis dari sisi kebutuhan investasi, dan lebih rendah biaya operasionalnya," ujar Sidik dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (15/12/2020).

Purwarupa pertama program retrofit ini akan mulai dikembangkan pada semester pertama 2021 dan akan dilanjutkan dengan proses retrofit armada DAMRI secara bertahap. DAMRI juga berencana untuk membuka program retrofit ini bagi operator transportasi darat lainnya, baik dari pihak swasta, pemerintah daerah, maupun instansi pemerintah yang berminat.

"Dalam program retrofit ini, DAMRI bekerja sama dengan beberapa partner penyedia teknologi, baik dari pihak swasta maupun dengan BUMN lain yang berkompeten di bidangnya," ujar Sidik. kbc10

Bagikan artikel ini: