BLT subsidi gaji Rp2,4 juta mau dilanjut di 2021? Ini kata Menaker

Kamis, 17 Desember 2020 | 10:08 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan, pemerintah berencana memperpanjang pemberian BLT subsidi gaji atau bantuan subsidi upah (BSU) sebesar Rp600.000 per bulan.

BLT subsidi gaji diberikan kepada para pekerja yang menjadi anggota aktif BPJS Ketenagakerjaan dengan penghasilan tercatat di bawah Rp5 juta per bulan.

Menurut Ida, keputusan bantuan subsidi gaji yang direncanakan sampai 2021 masih didiskusikan oleh Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN).

"Terkait kebijakan BSU 2021 saat ini masih dalam tahap diskusi pembahasan di tingkat komite," kata Ida dalam video virtual di Jakarta, Rabu (16/12/2020).

Meski belum ada kepastian keputusan, Ida mengakui bahwa dirinya siap jika harus menjalankan program bantuan subsidi gaji sampai tahun depan. Tentunya, desain kebijakan tersebut akan disiapkan secara lebih matang.

"Kemnaker tentu sangat siap mendukung program yang sangat baik ini kembali muncul di tahun depan. Kita siapkan desain kebijakannya secara bersama-sama," tambah Ida.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto juga menyebutkan bahwa dirinya pun siap jika subsidi gaji diteruskan sampai tahun depan. Pihak BPJSTK, kata dia, selalu menyiapkan data yang valid agar bantuan itu tepat sasaran.

"Kami siap untuk menyiapkan data yang terbaik, data yang sudah valid, sudah teruji, sehingga bantuan subsidi dari pemerintah bisa tersalurkan tepat sasaran," ujarnya. kbc10

Bagikan artikel ini: