OPPO pioner smartphone untuk industri seni dan kreatif raih Superbrands

Jum'at, 18 Desember 2020 | 19:47 WIB ET

JAKARTA - Smartphone telah menjadi bagian dari gaya hidup, tak terkecuali industri seni dan kreatif. OPPO Indonesia melalui berbagai produk telah menjadi bagian dari proses kreatif pelaku seni di Indonesia dengan banyak kolaborasi di bidang seni dan kreatif. OPPO semakin menegaskan jika smartphone kini menjadi bagian yang tidak terlepaskan dari proses berkreasi dan menjadi top of mind pengguna smartphone di Indonesia. Hal ini diteguhkan dengan OPPO Indonesia meraih predikat Superbrands 2020 untuk kategori smartphone dan merupakan smartphone pertama yang menerima predikat ini di 1 dekade terakhir. 

 

Ivan Lau, Chief Executive Officer, OPPO Indonesia, menjelaskan, “Dari sisi produk, OPPO menyempurnakan setiap aspek pada performance, sistem, tampilan maupun pada kamera. Dimana hal tersebut menjadi poin penting dalam proses kreatif dalam seni. Update terbaru dari OPPO adalah pengembangan Full-path Color Management System yang merupakan sistem manajemen warna Android pertama yang mendukung rentang warna DCI-P3 dan kedalaman warna 10-bit sehingga memperkaya warna mulai dari proses pengambilan, penyimpanan, dan tampilan gambar dan video. Update terbaru ini akan ada di flagship OPPO FindX3 Series.”

Ivan mengatakan lebih lanjut, “OPPO Find X Series telah banyak melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak di dunia seni dan kreatif, tidak hanya di Indonesia tapi juga di mancanegara. Kolaborasi terbaru yang kami lakukan dan sedang berjalan adalah dengan Miles Films yang mempersembangkan Serial Ilustrasi Puisi ‘Tidak Ada New York Hari Ini – Supported by OPPO Indonesia’. Program ini menampilkan empat ilustrasi puisi karya Aan Mansyur bertajuk sama, dalam format film animasi pendek dengan melibatkan ilustrator-ilustrator berbakat Indonesia yaitu Wulang Sunu, Lala Bohang, Rhesa, dan Pinot serta Nicholas Saputra sebagai narator keempat film pendek tersebut. 

OPPO Find X2 juga mendukung penuh Arisan Karya, inisitif yang digagas oleh Museum MACAN ini memberi kesempatan pada 150 pelaku seni untuk menampilkan karyanya, dimana 3 seniman besar seperti Bagus Pandega, Etza Meisyara dan Patricia Untario menggunakan OPPO Find X2 dalam proses kreasinya. Yang terdekat, OPPO Find X2 mendukung OPPO Art Jakarta Virtual 2020 yang untuk pertama kalinya mengadakan pameran bersama di ruang virtual. OPPO Find X2 Series juga mengadakan OPPO Find Incubation dengan menggandeng 3 seniman Indonesia yang membuat artwork di bidang seni, desain dan teknologi.”

Di bidang fesyen dan musik, flagship OPPO lainnya, OPPO Reno4 Pro berkolaborasi dengan Lewis Capaldi dan Nicole Zefanya atau lebih dikenal sebagai NIKI. Kolaborasi ini menyampaikan pesan ajakan untuk terus mengejar cita-cita dan berkreasi tanpa batas dimana OPPO Reno4 Pro bisa menjadi bagian dari proses kreatifnya. OPPO RENO4 Pro juga menggandeng visual makers di bidang fashion, fotografi, videografi desan dan musik sebagai OPPO Reno4 Prodigy yang menginspirasi format baru berkreativitas  di era new normal. Mereka adalah Anton Ismael (photographer),  Vicky Tanzil (photographer), Gema Semesta (Graphic Designer), Fandy Table Six (Graphic Designer), Liko Sukhoy (Graphic Designer), Sonia Eryka (Fashion Content Creator). 

OPPO juga menjangkau dan menginspirasi anak muda kreatif Indonesia dalam seni dan kreatifitas melalui berbagai platform. Dalam kampanye #DuetBarengOPPOA53 di TikTok berhasil diikuti oleh 806.848 partisipan. OPPO juga bekerja sama dengan Raisa, figur populer di dunia musik Indonesia untuk produk OPPO A92 dan Cinta Laura dengan produk OPPO Reno4 yang fokus pada konten musik video. Kerjasama dengan figur yang populer di bidang seni dan kreatif terbukti mampu menarik jutaan partisipan dalam tiap kampanye OPPO. 

Ivan menambahkan, “Tidak hanya itu, melalui OPPO Find X2 Series, kami mengadakan OPPO Find CSR bekerja sama dengan desainer Patrick Owen, melalui koleksi eksklusif ‘Orbitale’. Dalam OPPO Find CSR, kami juga berkolaborasi dengan Jo Malone London yang mempersembahkan perpaduan unik antara OPPO Find X2 Pro Tea Orange dan Orange Bitters dari Jo Malone London yang akan memanjakan pengalaman multisensori, melalui bundling ‘The Tale of Two Oranges’.”

Sebagai brand, DNA OPPO diwakili oleh para Finders yaitu mereka yang high profile dan memiliki banyak pencapaian di bidangnya masing-masing. OPPO juga memberikan apresiasi kepada mereka pebisnis muda dalam 30 under 30 yang mewakili semangat terus maju yang dimiliki OPPO. Juga 40 under 40 yang mewakili profil inspiratif yang sudah berhasil di industri. 

“OPPO memiliki filosofi human-centric yang selalu menghadirkan pengalaman produk yang menyenangkan kepada pengguna melalui teknologi dan desain, serta didukung kampanye yang mampu mengungkapkan sisi emosional penggunanya. OPPO selalu melampaui batasan teknologi dengan kreativitas yang menginspirasi banyak orang dan kami berterima kasih atas respon baik dari seluruh pengguna smartphone di Indonesia," tutup Ivan Lau. 

OPPO Indonesia menjadi Superbrands 2020 melalui survei yang digelar pada 6 Kota Besar di Indonesia, meliputi Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Medan dan Makassar. Superbrands merupakan sebuah apresiasi kepada merek-merek terbaik dan terpercaya di Indonesia, yang diperoleh melalui metode survei bersama dengan lembaga survei AC Nielsen. Penilaian diukur berdasarkan beberapa poin diantaranya Dominasi Pasar (Market Dominance), Jangka Waktu yang Panjang (Longevity), Niat Baik (Goodwill), Kesetiaan Konsumen (Customer Loyalty) serta Penerimaan Pasar secara Keseluruhan (Overall Market Acceptance). Penilaian ini juga melibatkan lebih dari 20 juta konsumen pada pasar kelas atas dan kelas menengah.

Bagikan artikel ini: