Dapat pesan dari LaNyalla, ini yang dilakukan Unesa bersama Kadin Jatim untuk cetak SDM unggul

Senin, 21 Desember 2020 | 18:51 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Rektor Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Prof. Nurhasan menegaskan bahwa mencetak Sumber Daya Manusia (FM) unggul adalah kewajiban Unesa sebagai salah satu Perguruan Tinggi terkemuka di Jawa Timur. Untuk itu, momentum Dies Natalis ke-56 ini menjadi penanda penting dan menjadi ruang refleksi capaian serta target selama 56 tahun Unesa berdiri. 

Hal ini diungkapkan pasca Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menyampaikan Orasi Ilmiah saat Rapat Terbuka Senat Dalam Rangka Dies Natalis ke-56 dan Pengukuhan Profesor/Guru Besar Universitas  Negeri Surabaya, Senin (21/12/2020). 

Seperti diketahui, dalam orasi ilmiah yang disampaikan, LaNyalla berpesan agar Unesa mampu mencetak SDM Unggul, maka Unesa harus unggul di lima hal penting. Pertama, unggul dalam proses pelaksanaan pendidikan. Kedua, unggul dalam penelitian dan pengabdian. Ketiga, unggul dalam lulusan yang berdaya saing. Keempat, unggul dalam bidang keilmuan, dan yang kelima, unggul dalam persaingan global.

"Dies Natalis ini perlu dirayakan dengan rasa syukur dan dengan terus melakukan evaluasi terhadap seluruh kegiatan yang dilakukan bersama. Momentum ini kita jadikan sebagai momentum untuk menyiapkan kelulusan dan sinergitas agar Unesa bisa terus menerus memberikan sumbangsih positif terhadap tumbuhnya edukasi dan produk unggulan dalam kehidupan masyarakat," ujar Nurhasan. 

Hal ini sebagai wujud dari Tridharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat. Nurhasan menegaskan, melalui perbaikan dari segala aspek, tahun ini Unesa berhasil menduduki peringkat ke 19 dalam klasterisasi Perguruan Tinggi, naik dibanding sebelumnya yang masih menempati peringkat ke 19. 

Selian itu, pada tanggal 16 Desember 2020 kemarin, Unesa juga berhasil masuk kategori A dalam Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dengan kinerja memuaskan, memimpin perubahan dan sangat akuntable.

Kedepan, Unesa akan terus berkomitmen melakukan perbaikan dalam empat hal. Pertama tentang tata kelola anggaran, kedua peningkatan kualitas lulusan, ketiga kualitas kurikulum dan pembelajaran serta ke empat  peningkatan kualitas dosen.

Untuk peningkatan kualitas dosen, Unesa telah bekerjasama dengan Kadin Institute dalam pelaksanaan uji kompetensi teknis dosen. Dan pada kesempatan Dies Natalis ke-56 tersebut, Kadin Jatim menyerahkam sertifikat secara simbolik kepada 90 dosen yang telah mengikuti pelatihan dan uji kompetensi teknis dosen di Kadin Institute beberapa waktu yang lalu. 

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Kadin Jatim Adik Dwi Putranto mengatakan bahwa Unesa adalah salah satu Perguruan Tinggi di Jatim yang telah bekerjasama dengan Kadin Institute dalam hal peningkatan kualitas dosen. 

"Tahap awal, ada sekitar 90 dosen yang mengikuti pelatihan dan uji kompetensi teknis dosen. Tahap kedua akan dilaksanakan pada Januari 2021 dengan jumlah 90 dosen. Selanjutnya akan dilaksanakan secara bertahap hingga target 800 dosen bisa tersertifikasi di tahun ini," ujar Adik.

Selain dengan Unesa, Kadin Jatim melalui Kadin Institute juga telah bekerjasama dengan Politeknik Negeri Malang (Polinema) untuk pelatihan dan uji kompetensi teknis dosen serta bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur  untuk pelatihan dan uji kompetensi teknis guru Sekolah Menengah Kejuruan di seluruh Jatim.

"Target kami, ketika dosen atau guru di SMK tersebut telah tersertifikasi, maka mereka akan mengenal dunia industri sebagai bekal mengajar siswa atau mahasiswanya. Sehingga ketika siswa atau mahasiswa magang, maka sudah ada gambaran tentang tenaga kerja yang dibutuhkan industri," pungkas Adik.kbc6

Bagikan artikel ini: