Bidik pengusaha travel, Suzuki hadirkan New Carry Minibus di Jatim

Selasa, 22 Desember 2020 | 11:44 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Di tengah pandemi Covid-19 yang berdampak pada kecenderungan lesunya pasar otomotif, penjualan kendaraan niaga ringan masih menjanjikan. Hal itu pula yang dibidik PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dengan menghadirkan New Carry Minibus dan New Carry Blind Van.

Usai meluncur secara nasional, kali ini PT SIS melalui PT United Motors Centre (UMC) selaku diler resmi mobil Suzuki wilayah Jawa Timur mulai memasarkan New Carry Minibus dan New Carry Blind Van di wilayah Jatim.

4W Marketing Director PT SIS, Donny Saputra menuturkan, sejak diluncurkan pada tahun 2018 lalu, animo konsumen terhadap New Carry Pick Up sangat tinggi. Saat ini, New Carry Pick Up berhasil menguasai 58,8% pangsa pasar di segmennya secara nasional.

"Keberhasilan ini membuat kami menerima banyak sekali permintaan dari berbagai bidang usaha yang memerlukan kendaraan niaga yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Untuk itu, sebagai produsen otomotif dengan reputasi yang baik, kami berupaya mengakomodasi kebutuhan dunia usaha yang beragam dengan menggandeng mitra karoseri untuk membuat New Carry Minibus dan New Carry Blind Van,” katanya, Senin (21/12/2020).

Ditambahkannya, didasari oleh kebutuhan pelanggan serta hubungan kerjasama yang baik antara Suzuki dan mitra karoseri yang telah terbukti kualitasnya terutama dalam membuat angkutan umum pada model sebelumnya, kini Suzuki menghadirkan modifikasi untuk tipe New Carry terbaru. New Carry Minibus dan Blind Van.

Model ini hadir dengan konsep yang sama dengan varian New Carry lainnya, yaitu I.L.M.U, Irit bensin dan perawatannya, Lama umur pakainya, Muatnya banyak, dan Untung di ujung.

Area Sales Manager PT UMC, Wiyarso Adiwibowo mengatakan, kendaraan niaga ringan menjadi produk yang cukup membantu penjualan selama pandemi Covid-19. Hal ini didasari oleh banyaknya usaha baru di masyarakat sebagai upaya untuk bertahan di tengah pandemi, dan mereka membutuhkan armada untuk transportasi barang.

"Tingginya animo masyarakat terhadap kendaraan niaga yang dihadirkan Suzuki juga terbukti dengan naiknya market share New Carry di Jatim, dimana pada tahun lalu market sharenya di angka 38 persen, tahun ini naik jadi 51 persen," katanya.

Tingginya minat konsumen terhadap New Carry, lanjut Wiyarso, juga mendongkrak kontribusi penjualan kendaraan niaga yang tahun lalu di kisaran 35 persen, tahun ini naik menjadi 40-45 persen terhadap penjualan seluruh tipe Suzuki di Jatim.

"Kami bersyukur, bahwa New Carry cukup mendapat animo di masyarakat. Maklum, model New Carry Pick Up kami memiliki keunggulan selain bak besar, engine baru, juga harga yang kompetitif," ulasnya.

Marketing Manager PT UMC, Yuanita Christanti menambahkan, kehadiran New Carry Minibus dan New Carry Blind Van kian memperkuat pasar Suzuki dan memperluas pasar yang ada. Model ini diharapkan bisa mengisi market yang pernah dimiliki Suzuki melalui Carry minibus serta APV.

"Dengan kapasitas 9 kursi, New Carry Minibus akan menjadi alternatif bagi para pengusaha travel atau korporasi untuk angkutan penunpang yang lebih banyak," ujarnya.

New Carry Minibus dan New Carry Blind Van memiliki dimensi bodi cukup besar dan ruang kabinnya lega dengan panjang 4.415 mm, lebar 1.675 mm, dan tinggi 2.150 mm. Dengan radius putar sebesar 4,4 m, mobil ini lebih mudah saat memutar balik atau bermanuver.

Selain itu, New Carry Minibus dan Blind Van juga hadir dengan tenaga maksimum yang tercapai pada putaran rendah sebesar 97/5600 PS/rpm dan juga torsi yang lebih besar yaitu 135/4400 Nm/rpm. Kedua varian terbaru New Carry ini juga dilengkapi dengan immobilizer agar mobil lebih aman dan sensor parkir yang semakin memudahkan pengemudi.

Perbedaan New Carry Minibus dan Blind Van terletak pada pintu di baris kedua. New Carry Minibus memiliki pintu tengah sisi kiri dan kanan dengan model sliding door, sedangkan Blind Van memiliki pintu tengah sisi kiri dengan model yang sama dan dinding samping yang ditutup dengan panel. Keduanya didesain dengan bukaan pintu belakang swing ke atas yang lebih maksimal, sehingga memudahkan keluar masuk barang atau penumpang dan dapat memberikan perlindungan dari hujan saat memasukkan/mengeluarkan barang. 

New Carry Minibus memiliki ruang kabin yang lega dan muatan hingga 10 orang dalam 4 baris dengan banyak pilihan konfigurasi kursi. Untuk meningkatkan kenyamanan, kursinya pun didesain modern, dilapisi kulit sintetis, dan dilengkapi charger conector di setiap baris tempat duduk. 

Lantai mobil didesain dengan model rata, dilengkapi plafon tertutup dan lampu interior di tengah, serta AC double blower. Hadir dengan varian AC P/S dan Non AC P/S, Suzuki New Carry Minibus menawarkan tiga pilihan warna, yaitu Superior White, Silky Silver, dan Real Black. 

Di pasar Jatim, New Carry Minibus dan Blind Van dibanderol on the road mulai Rp 258,1 juta hingga Rp 264,1 juta untuk New Carry Minibus non AC, dan Rp 267,4 hingga Rp 273,1 juta untuk New Carry Minibus AC. Sedangkan Blind Van dibanderol Rp 226,9 untuk non AC dan Rp 233,2 juta untuk AC. kbc7

Bagikan artikel ini: