Libur Natal diyakini mampu geliatkan ekonomi di kuartal IV

Jum'at, 25 Desember 2020 | 09:17 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Libur Natal 2020 diyakini akan mampu mendongkrak aktivitas ekonomi di kuartal IV-2020. Dengan demikian, ekonomi kuartal IV-2020 akan lebih baik dibandingkan posisi kuartal III-2020 yang mengalami kontraksi minus 3,49 persen.

"Selama libur Natal bisa dipastikan akan ada peningkatan aktivitas ekonomi," kata pengamat ekonomi, Piter Abdullah seperti dikutip, Kamis (24/12/2020).

Dia mengatakan, meskipun selama masa Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) pemerintah membatasi aktivitas masyarakat, namun aktivitas ekonomi tetap akan tumbuh. Hanya saja, peningkatan tersebut tidak begitu besar.

"Secara month to month meningkat. Artinya dibandingkan November 2020 yang lalu meningkat," katanya.

Piter menyadari, ekonomi Indonesia memang masih akan negatif jika dibandingkan periode sama tahun lalu. Namun, dengan peningkatan aktivitas ekonomi terjadi selama masa libur Natal, dirinya yakin kuartal IV-2020 masih akan lebih baik dibanding kuartal III-2020.

"Dengan peningkatan ini maka pertumbuhan ekonomi triwulan IV akan lebih baik dibandingkan triwulan III. Tetapi diyakini masih akan negatif secara yoy," imbuh dia.

Sebelumnya, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, kembali merevisi ke bawah outlook pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal IV-2020. Berdasarkan pengamatannya, ekonomi pada periode Oktober - Desember itu ekonomi akan tumbuh minus 0,9 persen sampai dengan minus 2,9 persen.

"Keseluruhan outlook pada kuartal IV ini minus 2,9 persen hingga minus 0,9 persen," jelas Menteri Sri Mulyani. kbc10

Bagikan artikel ini: