Penumpang bus dari Jakarta naik 15 persen selama libur Natal 2020

Senin, 28 Desember 2020 | 13:42 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Momen Natal 2020 dimanfaatkan sebagian masyarakat untuk melakukan perjalanan dengan angkuan umum jenis bus. Ketua Umum Organisasi Angkutan Darat (Organda) Provinsi DKI Jakarta, Shafruhan Sinungan mengungkapkan adanya lonjakan pengguna angkutan umum pada periode libur Natal 2020 dari ibu kota. Khususnya di moda antarkota antarprovinsi (AKAP).

"Pada libur Natal ini memang ada kenaikan jumlah penumpang ya dari DKI. Terutama itu di AKAP yang naik," ujar dia, akhir pekan lalu.

Dia mencatat, tingkat kenaikan pengguna moda AKAP mencapai 15 persen pada Natal tahun ini. "Kurang lebih antara 10 sampai 15 persen lonjakan penumpangnya (AKAP)," tegasnya.

Adapun tujuan favorit penumpang AKAP di periode Natal 2020 masih di dominasi oleh sejumlah kota di Pulau Jawa. Terutama di Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah.

"Seperti kalau Jabar itu daerah Bandung sekitarnya, kemudian Cirebon sekitarnya juga. Sedangkan Jateng ada Semarang, Solo, dan sekitarnya masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya," terangnya.

Dia memproyeksikan tidak ada lonjakan penumpang saat libur Tahun Baru 2021 mendatang. Mengingat adanya pengurangan waktu libur di periode Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

"Jadi, saya rasa tidak ada kenaikan berarti toh waktu libur juga sudah berkurang. Pasti akan mempengaruhi pergerakan orang juga," pungkasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: