Mau memulai bisnis, perhatikan 5 hal berikut

Senin, 28 Desember 2020 | 18:43 WIB ET

MINAT masyarakat untuk membuka usaha atau bisnis sendiri cukup tinggi, apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Namun begitu, penyakit utama bagi setiap orang yang ingin memulai bisnis adalah sulit memulai. Hal itu dikarenakan terlalu banyaknya perhitungan dan pertimbangan sehingga kesulitan ketika ingin menjalani bisnis.

Membuka bisnis dan mendapatkan kesuksesan memang harus dimulai dari sekarang. Jika tidak melakukan apa-apa, kesuksesan hanyalah ungkapan kosong belaka. Mulailah dengan memikirkan dampak dan risiko yang akan dihadapi supaya mantap memulai bisnis.

Dikutip dari buku Virus AntiGagal: Inspirasi Bisnis Londen oleh Dodi Mawardi, kunci sukses menjadi pengusaha adalah siap tindak sukses agar semakin berani untuk memulai. Jika gagal, teruslah mencoba supaya menjadi pemicu untuk meraih keberhasilan dalam bisnis.

Adapun 5 kondisi yang harus dimiliki seseorang ketika ingin terjun dan mulai berbisnis sebagai berikut.

1. Kemauan

Kemauan merupakan pondasi awal yang harus dimiliki seseorang. Jika ada kemauan, apapun bisa di dapatkan. Dari kemauan ini lah kemungkinan besar sukses dapat diraih. Jadi, kondisi ini harus ditanamkan pada diri sendiri yang didasarkan pada mimpi dan tujuan akhir yang telah dibangun.

2. Kemampuan

Jika kemauan atau niat telah dimiliki, seseorang perlu percaya pada diri sendiri. Dengan demikian, seseorang mampu mengetahui dan mengukur sejauh mana kemampuan atau skill yang dimiliki.

Dengan kemampuannya, setiap orang dapat hidup mandiri. Namun, jangan hanya bertumpu pada kemampuan sendiri, tetapi cobalah mengoptimalkan tenaga, uang, waktu, bisnis, konsep, dan skill orang lain karena pada dasarnya manusia tetap membutuhkan bantuan dari orang lain.

3. Karakter

Kemampuan yang telah dimiliki harus dimanfaatkan sesuai dengan tujuan hidup. Nantinya, kemampuan itu akan meningkat menjadi sebuah karakter. Dengan karakter atau vibrasi yang luar biasa, seseorang akan mampu melewati rintangan dalam berbisnis.

Jika karakter atau kebiasaan tersebut terus dilakukan, keahlian akan muncul dan menjadi kekuatan untuk berbisnis.

4. Peluang atau Kesempatan

Hal yang perlu diketahui adalah setiap aktivitas memiliki kesempatan dan peluang yang besar. Peluang itu selalu ada, tetapi terkadang banyak orang yang kurang menyadarinya. Jika telah menyadari keberadaan peluang tersebut, manfaatkan dengan optimal untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dari sebelumnya.

5. Keberuntungan

Dari keempat kondisi yang telah dimiliki sebelumnya, keberuntungan akan tercipta. Artinya, jika seseorang telah memulai bisnis tanpa henti, maka kesuksesan dapat diraih tinggal menunggu waktunya. Keberuntungan tidak akan ada jika tidak pernah melakukan sesuatu dengan bersungguh-sungguh dan tidak putus asa. kbc10

Bagikan artikel ini: