Konsisten terapkan inovasi digital, Amar Bank raih 2 penghargaan TOP Digital Awards 2020

Selasa, 5 Januari 2021 | 19:31 WIB ET

JAKARTA - PT Bank Amar Indonesia Tbk )Amar Bank), sebagai perusahaan teknologi dengan lisensi perbankan dan bank digital murni pertama yang fokus pada pengembangan digital-only bank di Indonesia meraih 2 penghargaan TOP Digital Awards 2020 yang diselenggarakan oleh majalah IT Works.

Penghargaan ini diberikan atas komitmen Amar Bank dalam mengelola bisnisnya secara modern, profesional, dan lebih terpercaya dengan mengimplementasikan serta memanfaatkan teknologi informasi dan digital yang lebih canggih.

Pencapaian Amar Bank ini merupakan bukti kerja keras seluruh tim Amar Bank sejak tahun 2014 yang terus bertransformasi dalam mengoptimalkan pemanfaatan inovasi teknologi agar dapat berdampak dan mengubah hidup nasabah menjadi lebih baik. Berkat inovasi yang telah dilakukan, Amar bank meraih dua penghargaan untuk dua kategori dalam ajang Top Digital Awards 2020, yaitu TOP DIGITAL Implementation 2020 on Bank Sector #Level Stars 4 dengan predikat sangat baik dan TOP Leader on Digital Implementation 2020 untuk Vishal Tulsian selaku Presiden Direktur PT Bank Amar Indonesia Tbk.

Presiden Direktur Amar Bank Vishal Tulsian mengatakan, “Kami senang dan bangga menerima Penghargaan TOP Digital Awards 2020 dan kami berharap Amar Bank dapat tetap konsisten melakukan inovasi untuk dapat memberi dampak bagi kehidupan dan meningkatkan taraf hidup. Hal ini sesuai dengan visi kami untuk membawa senyum bagi 200 juta wajah pada tahun 2025 dengan memberikan layanan perbankan bagi mereka yang membutuhkan dan bukan hanya bagi mereka yang menginginkannya.”

TOP DIGITAL Awards merupakan penghargaan bidang TI TELCO/ Teknologi Digital terbesar di Indonesia yang diselenggarakan oleh majalah It Works. TOP DIGITAL Awards 2020 merupakan kegiatan corporate rating (award) sekaligus pembelajaran Solusi Bisnis berupa TI TELCO digital bagi korporasi dan instansi pemerintahan.

Metode penilaian Top Digital Awards 2020 menggunakan tiga metode, yakni melalui kuesioner dan wawancara penjurian, rekomendasi user atau masyarakat, serta melalui market research. Keputusan Penentuan Pemenang, dilakukan secara obyektif dan independen dalam Sidang Pleno Dewan Juri yang kredibel, seperti Dr. Ir. Ashwin Sasongko Sastrosubroto  M.Sc yang pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dan Ir. Thendri Suprianto, MBA selaku Ketua Umum CFCD (Corporate Forum of Community Development). Kegiatan penilaian melibatkan lebih dari 800 perusahaan dan instansi pemerintahan.

Kemudian, berdasarkan rekomendasi para pakar, konsultan, dan asosiasi  TI TELCO ditetapkan 200 Finalis/Kandidat Pemenang. Lalu para finalis diminta untuk mengisi kuesioner tentang keberhasilan implementasi dan pemanfaatan teknologi digitalnya, dan diundang untuk mengikuti Wawancara Penjurian. Dari 200 finalis, sebanyak 160 finalis yang mengikuti tahapan penilaian secara lengkap. 

Selama proses penilaian dan penjurian, Dewan Juri juga mengidentifikasi beberapa temuan penting dan merumuskan solusi strategisnya yang nantinya akan disampaikan dalam dokumen “Rekomendasi TOP DIGITAL” kepada Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, Kabinet Indonesia Maju, dan beberapa pemangku kepentingan lainnya.

Ketua Penyelenggara TOP Digital Awards 2020, M. Lutfi Handayani, MM., MBA. mengatakan, “Keberhasilan Amar Bank dalam meraih penghargaan TOP DIGITAL Awards, merupakan pencapaian yang luar biasa, karena menunjukkan bahwa manajemen perusahaan telah mengelola bisnisnya secara modern, profesional, dan lebih terpercaya dengan mengimplementasikan serta memanfaatkan teknologi informasi dan digital yang lebih canggih. Sebagai Digital Bank, kami melihat Amar Bank telah memanfaatkan sejumlah teknologi terkini yang tergolong Industry 4.0 dalam kegiatan operasional internal dan memberikan layanan kepada nasabah mereka. Semoga keberhasilan ini semakin mendorong semangat dan komitmen Amar Bank untuk terus berinovasi meningkatkan implementasi dan pemanfaatan solusi digital sekaligus peningkatan daya saing sehingga kinerja bisnis bisa tumbuh berkelanjutan serta dapat memberikan layanan terbaik bagi konsumen.”

Pada periode tahun 2019 hingga 2020, terdapat beberapa kebijakan IT yang banyak diterapkan oleh berbagai perusahaan ataupun organisasi, diantaranya, Migrasi ke cloud platform dengan memanfaatkan teknologi big data sebagai kerangka pengambilan keputusan dan kecerdasan buatan; Microservices architecture transformation; Implementasi DevOps serta Continuous Integration dan Continuous Deployment (CI/CD) Pipeline dalam pengembangan produk; dan Restrukturisasi IT organization berdasarkan pada pendekatan Agile Manifesto.

Chief of Technology Amar Bank, Kevin Kane mengatakan, “Kami sangat peduli terhadap kepuasan nasabah dengan terus memperhatikan kebutuhan nasabah. Oleh karena itu, kami secara terus menerus melakukan perbaikan dan penambahan fitur pada produk kami. Untuk melakukan hal tersebut, Amar Bank mengadopsi microservices architecture transformation sehingga memungkinkan kami untuk lebih cepat dan efisien dalam rangka melakukan system development agar dapat terus mengoptimalkan dan meningkatkan pelayanan kepada nasabah.”

Dalam melakukan pengembangan inovasi teknologi digital, Amar Bank telah menawarkan dua produk digital unggulan yang hadir untuk dapat berkontribusi dalam upaya untuk meningkatkan kehidupan masyarakat Indonesia, yaitu Tunaiku sebagai aplikasi pinjaman digital dan Senyumku sebagai mobile-only intelligent bank, dengan kedua aplikasi tersebut berkembang pesat untuk membawa dampak positif bagi masyarakat. Kedua produk digital banking ini, memiliki misi untuk melayani masyarakat Indonesia, baik itu yang telah dilayani oleh penyedia jasa keuangan (Bankable People) ataupun juga yang belum tersentuh institusi keuangan formal (unbanked people). “Tunaiku dan Senyumku adalah inovasi yang akan memberdayakan kehidupan masyarakat ke arah yang lebih baik,” tutur Kevin Kane.

Dengan berfokus pada teknologi, Amar Bank akan terus berinovasi dan bertransformasi dalam mengimplementasikan serta memanfaatkan teknologi digital perbankan. “Ke depannya, melalui teknologi dan transformasi digital perbankan, Amar Bank akan terus berupaya untuk mengembangkan layanan dan produk digital sehingga dapat lebih berdampak untuk kehidupan lebih banyak masyarakat Indonesia yang membutuhkan. Kami juga akan mengoptimalkan produk inovasi terbaru Senyumku, aplikasi perbankan berbasis AI (Artificial Intelligence) dari Amar Bank, yang diharapkan dapat memberikan dampak yang lebih optimal bagi masyarakat,” tutup Vishal Tulsian.

Bagikan artikel ini: