Kaum milenial mau rintis bisnis? Jangan lupa hal ini

Kamis, 7 Januari 2021 | 11:49 WIB ET

PANDEMI Covid-19 menuntut setiap orang untuk lebih kreatif baik untuk penghasilan tambahan atau sebagai jalan keluar bagi mereka yang kehilangan pekerjaan. Namun tak semua tahu bagaimana memulai berbisnis.

"Banyak di antara mereka tidak mempunyai pengalaman, bingung, bahkan ragu untuk mengambil setiap keputusan penting dalam bisnis, sehingga lama untuk berkembang dan berjalan sampai ke tujuan," ujar konsultan bisnis Suhendro.

Karenanya, Suhendro berbagi tips termasuk bagi milenial dan gen Z yang ingin merintis usaha. Setidaknya, ada tiga hal yang patut diketahui sebelum Anda merintis usaha.

Pertama, pahami tidak ada yang instan. Dalam berbisnis, selalu ada proses yang harus dilalui. Jangan dulu mimpi meraup cuan besar di awal merintis usaha.

"Orang yang saat ini terlihat sukses dalam bisnisnya, mereka sudah melewati berbagai proses dan menjalani proses itu dengan penuh kesabaran," tutur dia.

Karenanya, jangan membayangkan keuntungan instan saat baru memulai bisnis. Justru yang terpenting adalah kelangsungan bisnis itu sendiri agar bisa bertahan dalam jangka panjang.

"Harus selalu ingat, berapa lama waktu dia telah mengorbankan waktu, pikiran, tenaga, uang, dan keluarganya untuk sampai di titik itu. Kuncinya, harus sabar, jangan terburu-buru dalam menjalani bisnis," terang Suhendro.

Kedua, jangan pernah takut gagal. Sebab, dia melanjutkan, kegagalan bisnis bisa jadi pelajaran berharga.

Ketiga, disiplin. Menurut dia, banyak pebisnis pemula yang menghalalkan segala cara untuk memperoleh pendapatan instan. Padahal, kondisi tersebut seringkali membuat bisnis hanya seumur jagung.

"Nikmati semua proses yang ada, proses baik maupun buruk. Keduanya bermanfaat bagi kita di masa yang akan datang. Keep slow and keep moving, thats the point," tandasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: