Hati-hati! Whatsapp Grup bisa terdeteksi Google Search

Selasa, 12 Januari 2021 | 17:15 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Para pengguna Whatsapp harus lebih berhati-hati. Tautan grup WhatsApp bisa  terdeteksi di Google Search.

Efeknya, siapapun yang menemukan tautan itu bisa otomatis bergabung dan mengakses detail anggota grup terkait.

Jadi bayangkan ketika Anda sedang berdiskusi penting dan detil dengan rekan kantor Anda di grup WhatsApp, lalu tiba-tiba ada orang yang tak dikenal ikut bergabung.

Tak hanya bisa masuk ke grup WhatsApp, orang tak dikenal ini juga memiliki akses langsung ke informasi lainnya, Seperti detail anggota grup dan nama grup serta gambar profil. Sebelumnya masalah ini sempat diperbaiki pada 2019 namun sekarang telah muncul kembali.

Dikutip The Indian Express, melalui laporan terbaru yang dilakukan Peneliti Keamanan Internet Rajshekhar Rajaharia (@rajaharia) menunjukkan grup WhatsApp yang menggunakan tautan untuk memungkinkan pengguna masuk, rentan untuk ditemukan online.

Ini secara teoritis akan memungkinkan siapa saja untuk bergabung dengan grup. Indian Express memverifikasi kerentanan dan dapat mengonfirmasi bahwa beberapa grup WhatsApp dapat bergabung dari web.

Dengan mengaktifkan WhatsApp Group Chats di indeks, hal ini memungkinkan setiap orag bisa bergabung dengan mereka. Lalu orang tak dikenal itu bisa menemukan nomor telepon bersama dengan gambar profil. kbc10

Bagikan artikel ini: