Sandiaga buka peluang UMKM jajakan produk di gelaran MotoGP Mandalika

Sabtu, 16 Januari 2021 | 11:07 WIB ET

JAKARTA, kabarbianis.com: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno memastikan bakal memberi kemudahan bagi pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) dalam event MotoGP 2021 yang akan digelar di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Sandi menyebut akan menggandeng berbagai pihak untuk memberikan keleluasaan kepada pelaku Parekraf untuk ajang promosi.

"Saya tadi sudah berbicara dengan teman-teman di Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan Pemda setempat. Kita harus berpihak pada UMKM kita, jadi jangan sampai peralatan MotoGP ini hanya eksklusif tapi tidak berpihak ke UMKM kita,” kata Sandiaga Uno dikutip dari keterangannya, Sabtu (16/1/2021).

Sandi menyampaikan bahwa even besar MotoGP harus benar-benar dimanfaatkan oleh pelaku Parekraf di Nusa Tenggara Barat. Sandiaga pun berjanji akan membantu untuk memberdayakan UMKM Tanah Air. "Semua yang terlibat (dalam event MotoGP) harus mau ditata dengan baik dan harus mau diberdayakan," tandasnya.

Oleh karena itu, Sandiaga memiliki tiga program untuk mewujudkan hal tersebut yaitu inovasi, beradaptasi dan kolaborasi. Tiga program ini akan jadi ‘senjata’ untuk membangkitkan Parekraf termasuk pada gelaran even MotoGP yang direncanakan akan digelar tahun ini.

"Saya menawarkan 3 program yaitu inovasi, beradaptasi di tengah pandemi dan program kolaborasi. Kita gabungkan semua ini, ada beberapa program yang sudah berjalan seperti bedakan, hibah desain dan akselerasi. Itu yang kita harapkan dapat meningkatkan kualitas produk-produk pariwisata dan ekonomi kreatif di mandalika," ujarnya.

"Nah program-program seperti inilah yang kita canangkan maka hari ini kita menyapa para pelaku UMKM di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Saya memberi motivasi ke mereka agar mereka menyiapkan diri, naik kelas dan ikut bisa merasakan peningkatan usahanya, bisnisnya seiring dengan perhelatan MotoGP 2021 yang akan dilakukan Insha Allah di bulan Oktober tahun ini," imbuh dia.

Pada kesempatan tersebut, turut hadir perwakilan pelaku usaha Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Selain itu, dijajakan juga UMKM khas Mandalika seperti Lombok Mutiara Sekarbela, Naung Songket, Lombok Pottery dan Bale Rattan Lombok. kbc10

Bagikan artikel ini: