Waspada! Ekonomi membaik bisa bikin laju impor lebih kencang

Selasa, 19 Januari 2021 | 12:35 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Program vaksinasi Covid-19 yang mulai dijalankan pemerintah diyakini membuat ekonomi membaik. Jika ini terjadi, surplus neraca perdagangan Indonesia dikhawatirkan akan lebih kecil. Sebab, nilai impor dalam neraca perdagangan akan meningkat.

"Dengan asumsi positif, pandemi covid-19 bisa ditangani dengan adanya vaksinasi, akan membuat pertumbuhan ekonomi baik global dan Indonesia akan membaik" kata Ekonom CORE Indonesia Piter Abdullah dalam Market Review IDX Channel, Senin (18/1/2021)

Namun menurutnya, dengan membaiknya perekonomian tentu akan berdampak pada perdagangan. Di satu sisi ekspor akan bertambah, di sisi lainnya impor jauh lebih meningkat.

"Kecepatan impor akan melampaui kecepatan ekspor," jelasnya.

Dia menuturkan, membaiknya perekonomian maka akan membuat industri manufaktur menggeliat. Sehingga permintaan bahan baku industri dari impor juga akan naik.

"Walaupun akan ada surplus, tapi jumlahnya lebih kecil dari pada 2020." ujarnya.

Diketahui, Neraca perdagangan Indonesia di sepanjang tahun 2020 mengalami surplus. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, surplus neraca perdagangan pada tahun lalu sebesar US$21,74 miliar. BPS mencatat angka tersebut menjadi yang tertinggi selama 9 tahun terakhir. kbc10

Bagikan artikel ini: