Brio jadi penopang penjualan mobil Honda di Jatim sepanjang 2020

Selasa, 26 Januari 2021 | 22:10 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Pandemi Covid-19 ikut menekan pasar otomotif di Tanah Air. Penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) hingga pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) kian mempengaruhi penjualan industri ini.

Tak terkecuali Honda Surabaya Center (HSC), Main Dealer resmi mobil Honda wilayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara yang merasakan dampak tersebut. Sepanjang tahun 2020, HSC mencatat penjualan sebanyak 8.903 unit, atau anjlok 61 persen dibanding penjualan tahun 2019 yang sebesar 23.316 unit.

Namun demikian, menurut President Director HSC Ang Hoey Tiong, penjualan mobil Honda mulai mengalami pergerakan pemulihan pada kuartal IV tahun 2020, dan hal itu turut memberi kontribusi positif bagi kinerja penjualan.

“Tahun 2020 adalah tahun yang menantang, terutama dengan kondisi pasar yang turun untuk semua brand otomotif, termasuk Honda. Meski demikian, pasar mulai membaik pada semester kedua dan Honda juga menutup tahun atau kuartal keempat dengan tren pertumbuhan yang positif," katanya pada press conference virtual di Surabaya, Selasa (26/1/2021).

Dari data penjualan HSC, sepanjang tahun 2020 lalu, Honda Brio berkontribusi sebesar 51,67% terhadap total penjualan dan menjadi kontributor utama untuk Honda di sepanjang tahun 2020 dengan total penjualan sebesar 4.601 unit. Honda Brio Satya meraih 3.184 unit, sementara itu Honda Brio RS terjual 1.417 unit. 

Honda HR-V 1.5L menjadi kontributor unggulan ketiga dan mencatat penjualan sebanyak 1.289 unit. Selain Honda HR-V 1.5L, Honda Mobilio membukukan penjualan sebesar 991 unit. Sementara itu, Honda Jazz mencatat penjualan sebanyak 897 unit dan Honda CR-V terjual sebanyak 548 unit. 

Selain itu, beberapa model lain yang menyumbang penjualan di tahun 2020 meliputi, Honda BR-V sebesar 216 unit, Honda Civic Hatchback sebanyak 134 unit dan Honda HR-V 1.8L sebesar 122 unit. 

Sementara itu, Honda Civic Sedan terjual sebanyak 42 unit, Honda Accord telah terjual sebesar 32 unit, Honda City mencatat penjualan sebanyak 17 unit, Honda Odyssey terjual sebanyak 10 unit dan Honda Civic Type R terjual sebesar 4 unit. 

Optimis tatap 2021

Ang Hoey Tiong menambahkan, pihaknya optimistis akan penjualan di tahun 2021 akan terus tumbuh positif. Tren peningkatan penjualan sepanjang bulan Desember 2020 lalu menjadi acuan, dimana HSC berhasil membukukan penjualan sebesar 1.070 unit, meningkat sebesar 37,36% dibandingkan bulan sebelumnya. Pihaknya yakin tren positif ini akan terus berlanjut di tahun ini.

"Di tahun baru 2021, kami akan terus fokus untuk meningkatkan penjualan dan penetrasi market meski di tengah kondisi yang masih belum 100% stabil. Salah satu strategi kami adalah dengan memberikan program penjualan yang meringankan konsumen yang membutuhkan mobil Honda," ujarnya.

Marketing and After Sales Service Director HSC, Wendy Miharja menambahkan, tahun ini pihaknya berani memasang target pertumbuhan hingga 90 persen atau hampir dua kali lipat dari capaian penjualan 2020.

Menurut Wendy, keyakinan itu diantaranya didasarkan pada kecenderungan banyaknya masyarakat yang memilih untuk memiliki kendaraan sendiri untuk bepergian dibandingkan harus menggunakan transportasi umum yang memiliki risiko penularan Covid-19.

“Kondisi ini juga membuat penjualan Honda Brio sangat banyak karena harganya yang paling murah tetapi modelnya masih sangat manis serta nyaman sehingga menjadi pilihan konsumen,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga terus memperkuat penjualan secara digital, dimana konsep ini banyak dipilih masyarakat atau konsumen selama pandemi. Hal ini juga untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi konsumen.

Genjot program penjualan

Wendy juga menuturkan, salah satu upaya untuk menggenjot penjualan di tahun ini adalah digelarnya program promosi yang menarik bagi konsumen. Saat ini pun, HSC bersama Honda Prospect Motor menggelar program “Sehat Bersama Honda,” dimana konsumen yang melakukan pembelian mobil Honda akan mendapatkan berbagai keuntungan tambahan hanya dengan menunjukkan foto saat berolahraga di akun media sosial mereka.

Dengan berpartisipasi di program ini, konsumen yang melakukan pembelian New Honda Mobilio, New Honda BR-V, New Honda HR-V, dan All New Honda CR-V akan mendapatkan voucher Sport Utilities hingga Rp7 juta yang berlaku sejak Januari-Maret 2021 secara nasional.

Pihaknya juga menggelar promo gratis biaya perawatan berkala, hingga Honda Healthy Package dimana konsumen akan mendapatkan penawaran menarik hingga Rp10 juta, dan beragam promo menarik lainnya. kbc7

Bagikan artikel ini: