Dukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, PTPN XI teken MoU dengan UNEJ

Kamis, 28 Januari 2021 | 21:45 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Keinginan PT Perkebunan Nusantara XI atau PTPN XI untuk terus memberikan kemanfaatan bagi masyarakat terus dipertehas. Selain berupaya memenuhi kebutuhan gula dalam negeri, PTPN XI juga berkomitmen untuk membantu peningkatan kualitas pendidikan.

Supporting terhadap dunia pendidikan diwujudkan melalui dukungannya terhadap Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Dalam hal ini, PTPN XI telah menandatangani nota kesepahaman dengan Universitas Jember (UNEJ). Penandatanganan dilakukan oleh Direktur PTPN XI R. Tulus Panduwidjaja dengan Rektor Universitas Jember Iwan Taruna melalui video conference, Surabaya, Kamis (28/1/2021).

"Nota Kesepahaman ini bertujuan saling bersinergi sesuai dengan kompetensi masing-masing untuk melaksanakan kerja sama dalam rangka mewujudkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan wujud implementasi peningkatan mutu Tridharma Universitas Jember, terkait bidang pendidikan, riset, dan pengabdian masyarakat," terang Rektor Universitas Jember Iwan Taruna.

Selanjutnya Iwan menegaskan peranan penting PTPN XI serta dunia industri sebagai stakeholder di era merdeka belajar kampus merdeka sehingga membutuhkan kerjasama yang saling menguatkan masing-masing pihak.

"Kami meneruskan sinergi dengan perguruan tinggi, ini bukan pertama kali kami berkolaborasi dengan Universitas Jember. Beberapa waktu kami telah bekerjasama dalam pengembangan Tebu NXI-4T Toleran Kekeringan, yakni jenis tanaman tebu dengan sifat tahan terhadap kekeringan, ini menjadi bukti konkret sinergi dunia industri dengan perguruan tinggi. Aplikasi program merdeka belajar kampus merdeka yang bisa melibatkan kami sebagai media pembelajaran dan pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas, tentunya akan menambah kazanah baru bagi PT Perkebunan Nusantara XI," jelas Direktur PTPN XI, R. Tulus Panduwidjaja.

Tulus menyebut selain suport terhadap program merdeka belajar kampus merdeka PTPN XI juga mendukung program prioritas Presiden Joko Widodo yakni pembangunan sumber daya manusia.

Nota kesepahaman bersama itu meliputi Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat; Penyelenggaraan Kolaborasi Riset dan Pengembangan Sumber Daya, Penyelenggaraan Kegiatan Ilmiah, Kajian Ilmiah, Seminar, dan Lokakarya, Peningkatan dan Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia dan Kegiatan lain yang disepakati oleh Para Pihak. Kegiatan tersebut diikuti oleh Rektor beserta pejabat Universitas Jember, Direksi beserta Senior Executive Vice President dan jajaran.kbc6

Bagikan artikel ini: