Bangun tol, pemerintah siapkan duit Rp11,1 triliun buat pembebasan lahan

Sabtu, 6 Februari 2021 | 10:04 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah melalui Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) telah menyiapkan dana pembebasan lahan untuk kebutuhan 2021 sebesar Rp11,1 triliun. Dana ini terutama diproyeksikan untuk infrastruktur PSN di sektor jalan tol, bendungan dan irigasi.

Direktur Utama LMAN Basuki Purwadi mengatakan anggaran disiapkan sesuai dengan pengajuan yang ditetapkan oleh Kementerian/Lembaga terkait. Sinergi dan kerjasama dengan seluruh elemen yang terkait seperti Kementerian/Lembaga, Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), maupun masyarakat ke depan akan terus ditingkatkan, dalam rangka akselerasi pendanaan lahan.

"Optimalisasi aset negara dan percepatan pendanaan lahan untuk mendukung infrastruktur sangat diperlukan terutama dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi," kata Basuki pada video virtual, Jumat (5/2/2021).

Menurutnya, integritas bagi LMAN merupakan pondasi ketercapaian kinerja yang lebih baik. Adapun, optimalisasi aset negara dan pendanaan lahan infrastruktur Proyek Strategis Nasional (PSN) tetap membuahkan hasil memuaskan meskipun di tengah tantangan pandemi Covid-19.

"Kami memerlukan dukungan serta kolaborasi seluruh pemangku kepentingan agar kinerja LMAN dapat terus memberikan manfaat bagi masyarakat," bebernya.

Dia menambahkan, LMAN juga berkomitmen untuk menjadi lembaga penggerak optimalisasi aset negara melalui layanan konsultansi aset dan pengembangan kerjasama optimalisasi aset negara dengan skema arranger.

"Layanan ini ditujukan untuk Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah yang memerlukan konsultansi kajian pemanfaatan aset, agar aset kelolaan di instansi tersebut dapat lebih optimal dan bermanfaat," tandasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: