PTPN X dianugerahi rating BBB+ dari Pefindo

Senin, 8 Februari 2021 | 22:41 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X mendapatkan rating BBB+ (Triple B Plus) atas Medium Term Notes Tahun 2018 dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo). Penilaian ini berdasar pada laporan keuangan audited tahun 2019 dan laporan keuangan unaudited tahun 2020.

Rating dilakukan secara rutin setiap tahunnya. Efek utang dengan peringkat BBB mengindikasikan parameter proteksi yang memadai dibandingkan efek utang Indonesia lainnya. Tanda Tambah (+) menunjukkan bahwa peringkat yang diberikan relatif kuat dan di atas rata-rata kategori yang bersangkutan.

"Rating BBB+ dari PEFINDO menunjukkan bahwa dari sisi keuangan, PTPN X memiliki kemampuan dan bisa memenuhi komitmen keuangan jangka panjangnya," terang Direktur PTPN X, Aris Toharisman, Surabaya, Senin (8/2/2021).

PTPN X terus mengevaluasi kinerjanya, baik dari sisi operasional maupun sisi keuangan. Efisiensi diterapkan di segala sektor, sehingga kinerja keuangan tetap stabil dan sehat. Ke depannya, adanya rating BBB+ mampu meningkatkan kepercayaan stakeholder untuk dapat bersinergi dengan PTPN X.

Di sisi lain, sebagai wujud tanggung jawab sosialnya, PTPN X terus berkomitmen untuk memberikan kemanfaatan bagi masyarakat sekitar dengan menyalurkan dana Corporate Social Responsibility (CSR).

Di awal tahun ini, PTPN X menyalurkan dana CSR untuk renovasi Masjid Al Fitrah, Ajung, Jember. Renovasi masjid ini dilakukan sejak Agustus Tahun 2020 sampai dengan Januari Tahun 2021. Total dana CSR yang disalurkan sebesar 80 juta rupiah. Renovasi masjid meliputi pemasangan kanopi dan pagar besi, hingga pembuatan papan nama masjid.

"Masjid Al Fitrah merupakan masjid di sekitar wilayah kerja Kebun Ajong Gayasan dan sering digunakan oleh masyarakat sekitar. Harapannya, renovasi masjid ini dapat meningkatkan kenyamanan bagi masyarakat yang beribadah di masjid," terang GM Kebun Ajong Gayasan, Dwi Aprilia Sandi.

Sandi menjelaskan, saat ini Kebun Ajong Gayasan tengah mempersiapkan tanam perdana tembakau tahun 2021. Ia meminta dukungan dari seluruh masyarakat sekitar untuk kelancaran tanam perdana tembakau sehingga dapat mencetak keuntungan. Kebun Ajong Gayasan mampu menyalurkan dana CSR untuk masyarakat sekitar dalam berbagai bentuk kegiatan.kbc6

Bagikan artikel ini: