Resmi dilantik, PII dorong pendirian prodi Program Profesi Insinyur di kampus Jatim

Selasa, 9 Februari 2021 | 08:42 WIB ET

SURABAYA - Pengurus Wilayah Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Jawa Timur Masa Bakti 2020-­2023 secara resmi dilantik dan dikukuhkan oleh Ketua Umum PII Dr. Ir. Heru Dewanto, ST, M.Sc. (Eng), IPU ASEAN Eng, pada akhir pekan lalu.

Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Jawa Timur Masa Bakti 2020-­2023 dipimpin oleh Prof Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS, IPU, dengan 2 (dua) orang wakil ketua, Wakil Ketua I, Dr. Ir. Gentur Prihantono SP, SH MT, IPU dan Wakil Ketua II Ir. Muhammad Rudiansyah.

Prof Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS, IPU menyampaikan harapan bahwa PII Jawa Timur dapat berkontribusi dalam pembangunan secara menyeluruh di segala bidang, dengan mendukung dan berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi serta Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Di samping itu PII Jawa Timur dengan dukungan Ketua Umum PII mendorong pendirian Program Studi Program Profesi Insinyur (PPI) pada Perguruan Tinggi di Jawa Timur karena potensi Fakultas dan Prodi Keteknikan di Jawa Timur yang sangat besar, sehingga diharapkan banyak menghasilkan Insinyur Profesional yang menjadi ujung tombak pembangunan bangsa.

Ketua Umum PII dalam sambutannya menyampaikan Transformasi Keinsinyuran yang telah dilaksanakan pada periode 2018 – 2021, yakni tentang Pendidikan Teknik, Pendidikan Profesi Insinyur, Sistem Sertifikasi Insinyur Profesional (SSIP), Penyetaraan SSIP di tingkat internasional melalui Mutual Recognition Agreement (MRA) serta Registrasi Insinyur melalui Registrasi dan Digitalisasi Insinyur Indonesia.

Sedangkan Gubernur Jawa Timur dalam pengarahannya yang disampaikan oleh Sekdaprov Dr. Ir. Heru Tjahjono, MM, berharap adanya peran serta yang optimal dari PII Jawa Timur sebagai Rumah Besar Insinyur dalam mendukung pembangunan di Provinsi Jawa Timur di segala bidang dengan dukungan semua unsur Keinsinyuran. Prestasi dan Kemajuan yang telah dicapai hingga saat ini di Jawa Timur tentunya tidak terlepas dari peran dan keterlibatan para insinyur di Jawa Timur.

PII secara nasional berdiri sejak 1952 atas inisiasi Presiden Ir. Sukarno, untuk mewadahi Insinyur Indonesia yang saat itu masih sedikit jumlahnya. Dalam perkembangannya dengan terbitnya UU No. 11 Tahun 2014 dan PP No 25 Tahun 2019 tentang Keinsinyuran, Persatuan Insinyur Indonesia merupakan wadah berhimpun Insinyur yang melaksanakan penyelenggaraan keinsinyuran di Indonesia.

Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Wilayah PII Jawa Timur Masa Bakti 2020-­2023 dihadiri oleh segenap Pengurus Pusat PII, Pengurus Wilayah, Pengurus Cabang, Bupati dan Walikota, Kepala OPD Provinsi, Pimpinan Perguruan Tinggi dan Penyelenggara PSPPI di Jawa Timur, Asosiasi Perusahaan, dan segenap anggota PII Jawa Timur. kbc9

Bagikan artikel ini: