Masyarakat rem belanja, DPK perbankan melonjak

Rabu, 10 Februari 2021 | 11:16 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Bank Indonesia (BI) mencatat Dana Pihak Ketiga (DPK) di perbankan terus mengalami peningkatan sepanjang tahun 2020. Tercatat DPK perbankan tumbuh hingga 26,24 persen pada tahun lalu.

Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan, kondisi ini terjadi karena masyarakat masih enggan membelanjakan dana yang dimiliki. Sebab mereka khawatir ketika melakukan aktivitas konsumsi malah terpapar virus corona.

"Banyak masyarakat yang punya dana tidak mau belanja ke restoran, mall, ke Bali atau lainnya karena takut kena pandemi (terpapar virus corona)," kata Perry dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Komisi XI DPR-RI, Jakarta, Selasa (9/2/2021).

Perry melanjutkan, kondisi krisis ekonomi saat ini berbeda dari yang pernah dialami di Indonesia. Terganggunya konsumsi masyarakat membuat aktivitas ekonomi melemah.

Permintaan yang rendah ini membuat sektor produksi terganggu. Bila sektor produksi dipaksakan bergerak, maka produknya pun akan percuma.

"Kalau produksinya ada tapi enggak ada yang beli gimana? Ini yang kemudian tenaga kerja belum bisa bekerja karena semua episentrumnya ada di pandemi," tutur Perry.

Maka, kata dia, untuk mengembalikan ke situasi semula, penanganan pandemi harus segera dilakukan. Baik dengan penerapan protokol kesehatan hingga program vaksinasi massal.

"Makanya penanganan ini sangat didukung betul," kata dia. kbc10

Bagikan artikel ini: