Hari Kemerdekaan tahun ini, RI ditargetkan bebas Covid-19

Selasa, 16 Februari 2021 | 10:52 WIB ET
Doni Monardo
Doni Monardo

JAKARTA, kabarbisnis.com: Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo menargetkan Indonesia bisa bebas dari virus Corona (Covid-19) pada Hari Kemerdekaan, 17 Agustus 2021 mendatang.

Menurut Doni, hal ini berkaca pada penurunan angka kasus aktif atau orang yang dalam perawatan Covid-19 yang mengalami penurunan dalam sepekan terakhir.

“Pada sepekan lalu angka kasus aktif 176.000-an, baik tanpa gejala, gejala ringan, sedang, berat, bahkan kritis. Namun, dari data Satgas kemarin, kasus aktif sudah 161.000 orang. Sudah turun 15.000-an orang dalam kurun waktu sepekan. Artinya ada hal positif yang sudah dilakukan semua pihak,” kata Doni saat melakukan sambutan Rapat Koordinasi Satgas, Minggu (14/1/2021).

Dia berharap, dengan inovasi dan kerja keras dari semua pihak yang tiada henti, masyarakat bersama pemerintah bisa semakin mampu menekan kasus Covid-19.

“Target kita 17 Agustus kita betul-betul bisa bebas dari Covid-19. Artinya Covid-19 dalam posisi yang bisa dikendalikan,” ujarnya.

Doni juga berharap semakin banyak masyarakat yang terlibat dalam upaya penanganan Covid-19. Pasalnya, Doni menilai masyarakat sendiri yang bisa mencari cara terbaik, membuat kesepakatan, melakukan pertemuan, koordinasi, agar semua pihak menyadari pentingnya taat dan patuh protokol kesehatan.

“Ini yang terpenting adalah disiplin dan patuh melaksanakan protokol kesehatan, disiplin dan mentaati semua ketentuan yang sudah dibuat pemerinntah,” jelasnya.

Lewat Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro mulai dari ranah RT/RW, diharapkan daerah padat penduduk, terutama di perkotaan, terutama di tempat permukiman padat seperti rusun dan apartemen hendaknya bisa mendapat cara terbaik untuk meredam kasus harian dan kasus aktif. kbc10

Bagikan artikel ini: