Mengaspal di Indonesia, nih spesifikasi Honda CBR600RR

Rabu, 17 Februari 2021 | 16:50 WIB ET

JAKARTA, kabarbianis.com: PT Astra Honda Motor (AHM) resmi meluncurkan Honda CBR600RR di Indonesia, Selasa (16/2/2021).

Tahun lalu, Honda CBR600RR diluncurkan di Jepang. Sekitar enam bulan kemudian baru mengaspal di Indonesia. Kendaraan roda dua ini mamiliki performa yang cukup tinggi.

Executive Vice President Director AHM Johannes Loman menjelaskan Honda CBR600RR memiliki desain khusus.

"Kami konsisten terus memberikan layanan yang didesain premium bagi pengguna Honda Big Bike melalui jaringan dealer Big Wing," ujar dia.

CBR600RR memiliki tampilan desain yang kuat dan aerodinamis. Dibekali winglet berteknologi yang terinspirasi dari motor RC213V di MotoGP. Teknologi itu secara efektif memberikan down force saat sepeda motor berakselerasi.

Posisi dan desain tangki bahan bakar motor dibuat lebih rendah untuk membuat posisi pengendara lebih luas saat menunduk. Posisi berkendara ini tetap nyaman dan fleksibel untuk penggunaan di trek balap atau di jalanan kota.

Honda CBR600RR dipasang mesin baru DOHC 599cc 4-silinder yang mempunyai tenaga maksimal 89 kW (121 PS)/ 14.000 rpm. Model ini memiliki torsi puncak sangat besar, yakni mencapai 64 Nm (6.5 kgf.m)/11.500 rpm.

"Honda CBR600RR didukung kuatnya layanan purna jual, semakin menguatkan kecintaan masyarakat terhadap jajaran produk big bike Honda," kata Loman.

Lampunya menggunakan teknologi LED, didesain tajam yang mengesankan agresifitas. Model CBR600RR juga dilengkapi panel meter besar layar TFT full digital yang menjanjikan visibilitas. Layar ini mampu menampilkan 2 mode, yakni Street dan Circuit.

Sepeda motor Honda CBR600RR dibekali sensor Inertial Measurment Unit (IMU) untuk mendeteksi posisi angle sepeda motor. Komponen ini bekerja bersama Honda Selectabe Torque Control (HSTC) dan Engine Control Unit (ECU) untuk menjaga ban belakang tidak selip.

Ada tiga mode berkendara yakni Fast Riding, Fun Riding, dan Comfortable Riding.

Motor Honda CBR600RR juga memberi opsi bagi pengendara untuk membuat mode berkendara sendiri melalui dua slot. Mode itu untuk dapat mengatur tenaga (5 level), HSTC (9 level+off), wheelie control (3 level+off), dan engine brake (3 level).

Disematkan juga fitur Emergency Stop Signal (ESS) yang menunjang keselamatan pada saat pengereman mendadak.

Motor sport Honda CBR600RR dilengkapi Honda Electronic Steering Damper (HESD) dengan tiga mode penyetelan (hard, medium, soft). Fitur lain ada pada lengan ayun (swing arm) yang terbuat dari bahan aluminium berbobot ringan dan rigid untuk memberikan kenyamanan. kbc10

Bagikan artikel ini: