Ada 3,8 juta pelaku UMKM gabung ekosistem digital

Jum'at, 19 Februari 2021 | 12:19 WIB ET

TANGERANG, kabarbisnis.com: Pemerintah melalui Gerakan Bangga Buatan Indonesia mematok target 2 juta UMKM bergabung ke ekosistem digital, pada Desember 2020.

Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Odo Manuhutu mengatakan, saat ini angka UMKM yang telah bergabung telah mencapai 3,8 juta.

"Yang dimulai tahun lalu, onboarding dari UMKM, UKM ke flatfom digital yang dari target dari Presiden 2 juta, kita dapat memenuhi bersama-sama 3,8 juta. Sekarang sudah banyak penjual dalam negeri," kata Odo seperti dikutip, Jumat (19/2/2021).

Lebih lanjut dia juga melihat animo warga beli produk lokal naik. "Animo masyarakat, kalau bisa dilihat mulai meningkat pembelian produk-produk lokal," imbuhnya.

Pada Maret 2020, saat pandemi Covid-19 awal-awal menyerang, banyak pelaku UMKM yang terpuruk. Namun, saat ini banyak pelaku UMKM yang mulai bangkit setelah mengikuti perubahan sistem dagang dari offline ke online.

"Sekarang bagaimana meningkatkan permintaan, dimulai dari bapak-ibu membeli produk-produk dalam negeri," jelasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: