Penuhi kebutuhan dhuafa, komunitas Debu Langit luncurkan program COD

Sabtu, 27 Februari 2021 | 10:18 WIB ET

SURABAYA - Gerakan peduli kemanusiaan di masa pandemi Covid-19 ini sangat diperlukan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan terutama bagi kaum dhuafa. Gerakan peduli kemanusiaan ini hingga saat ini terus digulirkan oleh Komunitas Debu Langit.

Seperti halnya yang dilakukan saat ini, Komunitas Debu Langit meluncurkan program Charity Outlet (COD) Debu Langit. Menurut Founder Debu Langit, Erwien Kusumawan, program COD ini berupa donasi pakaian layak pakai dan barang layak fungsi.

Selama pandemi Covid-19, menurut Erwien, aktivitas masyarakat lebih banyak dilakukan dari rumah. Nah, jika ada waktu longgar, bisa menata lemari pakaian kemudian memilah mana yang sudah tidak dipakai tapi masih layak pakai. Atau rak sepatu ditata kembali apa ada tidak dipakai lagi dan sepatunya bisa dikirimkan ke Komunitas Debu Langit. 

“Bisa pula barang-barang lainnya yang selama ini hanya tersimpan di gudang, bisa diberikan ke kaum Dhuafa. Kami siap membantu menyalurkan ke kaum Dhuafa,”tukasnya.

Konsep program ini, papar Erwien, Komunitas Debu Langit akan mengundang para Dhuafa ke Charity Outlet Debu Langit, untuk memilih sendiri pakaian atau barang sesuai dengan yang mereka butuhkan. Hal ini untuk menghindari kemubadziran seandainya barang yang kita berikan langsung ternyata tidak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

Setelah memilih pakaian atau barang yang dibutuhkan, akan kita suguhkan makanan kepada mereka untuk dinikmati bersama. “Saat pulang Insha Allah para Dhuafa akan mendapatkan tambahan oleh-oleh berupa beras/uang atau Sembako,”tambahnya.

Erwien menegaskan Komunitas Debu Langit selalu berupaya untuk lebih memanusiakan para Dhuafa. Menjadikan mereka bak Raja atau Ratu. Untuk itu, jika ada barang atau pakaian di rumah Anda yang mau didonasikan kepada para Dhuafa silahkan menghubungi Komunitas Debu Langit.

Atau ingin memberikan donasi berupa makanan, beras, Sembako kepada Dhuafa, bisa dititipkan ke Komunitas Debu Langit. Jika ingin membantu dalam pelaksanaan dan pemenuhan kebutuhan Charity Outlet Debu Langit bisa chat. Tim Debu langit ada di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Malang, Solo dan Mataram. 

“Meskipun saat ini kita semua sedang dalam kondisi prihatin, namun kaum Dhuafa lebih menderita. Kita harus bersyukur karena masih bisa memberikan apa yang dibutuhkan oleh kaum dhuafa. Insha Alloh, ini makin menguatkan kepekaan jiwa sosial kita semua,”pungkasnya. 

Tentang Komunitas Debu Langit

Komunitas ini terbentuk sejak Agustus 2017 atau 3,5 tahun lalu, bergerak di dalam kegiatan sosial keagamaan maupun kemanusiaan. Kegiatan yang sudah dijalankan selama ini antara lain bedah musholla/masjid, beragam diskusi, penyaluran bantuan korban gempa Lombok, Palu, Majene dan korban Banjir di Kalimantan, Sedekah Jumat, Bantuan kepada Panti Asuhan, dan sebagainya.

Bagikan artikel ini: