Tiga kawasan di Bali ini bakal kembali dibuka untuk wisatawan asing

Selasa, 2 Maret 2021 | 16:01 WIB ET
Menparekraf Sandiaga Uno
Menparekraf Sandiaga Uno

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tengah mematangkan program Free Covid Corridor bagi wisatawan asing yang akan berlibur ke Bali.

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, saat ini sudah ada tiga wilayah di Bali yang siap menyambut kedatangan para wisman.

"Berulang kali kami menajamkan diskusi tentang Free Covid Corridor, karena kita perlu secara hati-hati melihat kemungkinan kita membuka satu zona. Zona sendiri yang disebut zona hijau, tempatnya di Nusa Dua, Ubud, dan mungkin bisa diperluas ke Nusa Penida sesuai arah Pemprov Bali beserta jajarannya," ungkap dia dalam webinar bertajuk Vaksin Datang Pariwisata Gemilang, Senin (1/3/2021).

Tak hanya itu, pemerintah juga telah mengantongi sejumlah daftar negara yang telah diberi lampu hijau bagi penduduknya untuk berlibur ke Bali. Menteri Sandi mencatat, sejauh ini baru ada dua negara yang akan memperoleh manfaat dari program Free Covid Corridor.

"Kita menggagas agar daerah zona hijau ini bisa mulai di buka pariwisatanya untuk beberapa negara melalui (Free Covid Corridor), seperti China dan Singapura," bebernya.

Meski demikian, dia belum memberikan informasi lebih rinci terkait waktu pasti atas pelaksanaan program itu. Menyusul masih adanya beberapa pertimbangan yang terus dimatangkan oleh pemerintah pusat maupun Pemprov Bali, khususnya terkait tingkat penularan Covid-19.

"Namun, (pembukaan) ini kembali kepada kita. Kira-kira jika angka (penularan) mudah-mudahan bisa double digit. Jadi, jangan lagi triple digit," terangnya.

Adapun, berdasarkan pantauannya, kasus penularan Covid-19 di pulau Dewata sendiri terus menunjukkan tanda-tanda yang positif. Dia mencatat dalam tujuh hari terakhir, Bali terus menunjukkan perbaikan yang cukup signifikan terkait kasus penularan positif virus mematikan asal China itu.

"Kita syukuri dan kita harapkan ini bisa menjadi cikal bakal antara rakor kami dengan pemerintah daerah dan juga Menlu, Menkes, Kepala Satgas, dan Menkumham untuk duduk bersama bagaimana kita menyikapi Free Covid Corridor ini. Kapan kita bisa memulai, tentunya dengan penuh kehati-hatian," tegasnya.

Bagikan artikel ini: