HSC targetkan jual 1.426 unit Honda City Hatchback RS hingga akhir tahun

Kamis, 4 Maret 2021 | 13:49 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Setelah resmi diluncurkan secara nasional oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) pada Rabu (3/3/2021), produk terbaru Honda City Hatchback RS resmi dikenalkan Honda Surabaya Center (HSC) selaku main dealer mobil Honda wilayah Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara pada Kamis elah resmi diluncurkan secara nasional oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) pada Kamis (4/3/2021) ini.

Honda City Hatchback RS memang dihadirkan untuk memperkuat eksistensi Honda di segmen Hatchback. Tak heran, model ini tampil dengan desain  sporty, fitur-fitur terkini dan mesin bertenaga terbesar di kelasnya.  

President Director HSC, Ang Hoey Tiong mengatakan, selain memiliki keunggulan dari best seller hatchback sebelumnya yaitu Honda Jazz RS, Honda City Hatchback RS dikembangkan untuk mereka yang mengikuti tren dan teknologi serta  menginginkan kepuasan berkendara lebih.

"Seperti mobil Honda lainnya, Honda City Hatchback RS memiliki desain sporty, teknologi canggih, fitur lengkap dan fun to drive khas  Honda," katanya pada press conference secara virtual, Kamis (4/3/2021).

Dengan beragam keunggulan yang dimiliki, dia optimis produk Honda City Hatchback RS akan mendapat tempat di konsumen. "Kami berharap, momen ini  dapat meraih lebih banyak kepercayaan konsumen untuk membeli mobil Honda dan pasar  otomotif dapat berangsur membaik. Tahun ini Honda optimis menatap pasar," ujar Ang Hoey Tiong.

Honda City Hatchback RS dirancang sebagai hatchback khas Honda, melanjutkan citra  sporty dari model-model yang selama ini telah membuat Honda terkenal di segmen ini. Model City sendiri merupakan salah satu lini paling populer dari Honda, yang telah  mendapat sambutan sangat baik dari konsumen di seluruh Asia, termasuk Indonesia. 

Honda City Hatchback RS memiliki desain eksterior yang stylish, ruang belakang yang luas, panel instrumen berkualitas tinggi  dan fitur canggih yang melebihi ekspektasi di kelasnya. Performa berkendara yang  menyenangkan serta hemat bahan bakar, juga menjadi salah satu daya tarik model ini,  terutama di kalangan konsumen anak muda. 

Pada sisi eksterior, Honda City Hatchback RS menerapkan cutting edge design dengan  garis karakter yang kuat dan desain lampu terkini dengan Full LED Headlight with LED  Daytime Running Light, LED Foglight, dan Rear Combi Light with LED light bars. Selain itu,  warna hitam glossy pada Front Upper Grille, Side Door Mirror, Shark Fin Antenna, dan 16”  Sporty Alloy Wheels yang memiliki aksen warna hitam yang semakin menambah karakter  sporty pada mobil ini.  

Selain itu, Honda City Hatchback RS juga dilengkapi dengan fitur canggih seperti Remote  Engine Start yang dapat menghidupkan mesin kendaraan dan A/C secara otomatis sebelum  memasuki kendaraan. Honda City Hatchback RS merupakan model pertama di kelasnya  yang memiliki fitur ini, yang sebelumnya dihadirkan Honda untuk model-model premium  seperti All New Honda Accord, New Honda Civic, dan juga New Honda CRV.  

Berbagai fitur kekinian yang sesuai dengan gaya hidup anak muda juga disematkan pada  mobil ini, seperti One Push Ignition System, Cruise Control, Audio Steering Switch dan  Hands-free Telephone (HFT) Switch dengan Voice Recognition. Semua fitur tersebut  dilengkapi dengan Leather Door Lining with Red Stiches pada pintu samping, Setir, dan Shift  Knob.  

Honda City Hatchback RS dibekali transmisi CVT & 6 M/T telah  didukung oleh 4 silinder segaris 1.5L DOHC, 16 katup i-VTEC + DBW yang membuat  performanya mencapai 121PS/6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm/4.300 rpm, yang  merupakan terbesar di kelasnya. Sesuai dengan kebutuhan saat ini untuk emisi yang lebih  bersih dan penghematan sumber daya, gas buang pada model ini telah sesuai standar  EURO 4. Selain itu, tersedia pula ECON Mode untuk pengaturan karakter berkendara yang  lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. 

Marketing and After Sales Service Director Honda Surabaya Center, Wendy Miharja optimistis hadirnya Honda City Hatcback RS akan dapat meningkatkan penjualan Honda dan mencatatkan sejarah baru di dunia otomotif seperti pendahulunya, dan masyarakat akan semakin  memiliki banyak pilihan akan mobil Honda.

"Dengan berbagai keunggulan yang ada, kami menargetkan bisa menjual Honda City Hatcback RS sebanyak 1.426 unit hingga akhir tahun atau setara 158 unit per bulan di wilayah Jatim, Bali dan Nusra," ujarnya.

Keyakinannya tersebut juga dibuktikan dengan tingginya penjualan segmen hatchback Honda selama ini yang diklaim menguasai sebesar 49,46 persen di pasar hatchback di Jatim.

"Saat ini pun kami menerima inden untuk Honda Jazz sebanyak unit, dan karena model Jazz sudah discontinue dan stoknya di kami tinggal 49 unit, sebagian diantaranya kami prediksi akan beralih ke Honda City Hatcback RS," jelas Wendy.

Sementara itu sepanjang Januari-Februari 2021, HSC berhasil mencatat penjualan mobil Honda sebesar 1.338 unit. Honda Brio tetap menjadi kontributor terbesar yaitu menyumbang 53.14% dari total penjualan atau sebesar 711 unit. Honda Brio Satya meraih 452 unit, sementara itu Honda Brio RS terjual 259 unit.  

Honda HR-V 1.5L menjadi kontributor unggulan ketiga dan mencatat penjualan sebanyak  192 unit dengan kontribusi sebesar 14.35% pada total penjualan. Selain Honda HR-V 1.5L,  Honda Mobilio membukukan penjualan sebesar 179 unit. Sementara itu, Honda Jazz mencatat penjualan sebanyak 93 unit dan Honda CR-V terjual sebanyak 91 unit.  

Beberapa model lain juga berkontribusi terhadap penjualan, seperti Honda HR-V 1.8L  sebesar 29 unit, Honda Civic Hatchback sebanyak 24 unit dan Honda BR-V sebesar 7 unit.  

Sementara itu, Honda Civic Sedan mencatat penjualan sebanyak 4 unit, Honda Accord telah  terjual sebesar 4 unit, Honda City terjual sebanyak 3 unit dan Honda Odyssey terjual  sebanyak 1 unit. 

"Kami juga akan  menampilkan jajaran produk terbaru yang sudah diluncurkan selama dua bulan ini pada pameran Honda, di Atrium Tunjungan Plaza 3, Surabaya pada 26-28 Maret 2021 mendatang," pungkas Wendy. kbc7

Bagikan artikel ini: