Cabut dari China, produsen sepatu Jepang ini bangun tiga pabrik di RI

Kamis, 11 Maret 2021 | 17:11 WIB ET
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

JAKARTA, kabarbisnis.com: Produsen sepatu asal Jepang, Asics bakal memindahkan atau merelokasi pabriknya dari China ke Indonesia. Rencana ini diungkapkan Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita usai melakukan pertemuan dengan pihak Asics di Jepang.

"Sebelumnya mereka punya beberapa fasilitas produksi di China tapi semuanya ditutup dan hanya disisakan satu saja karena dipindahkan ke Indonesia," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Rabu (10/3/2021).

Dia mengungkapkan, Asics akan membangun tiga pabrik yang semuanya berlokasi di wilayah Jawa.

Terdiri dari pabrik di Cirebon, Jawa Barat dan Tegal, Jawa Tengah yang ditargetkan mulai berproduksi pada Januari 2022.

Kemudian satu lagi pabrik di Pemalang, Jawa Tengah yang direncankan akan mulai berproduksi pada Maret 2023 mendatang. Hal itu sekaligus menambah jumlah pabrik Acsis menjadi 4 di Indonesia.

"Asics memberikan komitmen pengembangan di tiga tempat. Sekarang mereka baru memiliki satu pabrik saja di Jakarta," ungkap Agus.

Agus mengatakan, sebanyak 90 persen produk sepatu Asics yang diproduksi di Indonesia sudah di ekspor ke berbagai negara, diantaranya Amerika Serikat dan Jepang itu sendiri.

Menurut dia, hal itu menunjukkan bahwa industri di Tanah Air memiliki kemampuan untuk menghasilkan produk-produk dengan kualitas tinggi yang diterima di pasar global.

"Itu menandakan industri-industri kita, sumber daya manusia di Indonesia sudah bisa menghasilkan produk-produk yang berkualitas tinggi yang diterima oleh market-market yang memang mempunyai prevalensi yang tinggi," pungkasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: