Wedding Tangguh, industri perlengkapan pernikahan siap bangkit di tengah pandemi

Kamis, 11 Maret 2021 | 19:48 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Pandemi Covid-19 telah memberi dampak signifikan bagi sektor perekonomian, termasuk bisnis hiburan dan perlengkapan pernikahan. Penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) serta Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) kian menggencet industri ini karena adanya larangan orang berkumpul dan penerapan bekerja dan belajar dari rumah.

Namun seiring dengan telah diizinkannya kegiatan di pusat perbelanjaan atau mal dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat, disambut antusias kalangan pelaku industri event organizer.

Owner Noble Entertainment, Raka Maulana mengatakan, pihaknya bersyukur akhirnya bisa menggelar even bertajuk "Wedding Tangguh Serba-Serbi Manten Expo" yang berlangsung di City Tomorow (Cito) Mal Surabaya, pada 11-14 Maret 2021.

"Kami bersyukur bahwa even ini bisa kita selemggarakan. Karena sejatinya even ini dijadwalkan Januari 2021 lalu, namun karena ada PPKM akhirnya mundur Maret ini," katanya di sela pembukaan pameran Serba Serbi Manten Expo di Cito Mall Surabaya, Kamis (11/3/2021).

Meski demikian, Raka memastikan bahwa seluruh kegiatan dan peserta pameran tersebut menerapkan protokol kesehatan ketat, mulai menjaga jarak dan membatasi orang berkumpul, sering cuci tangan, hingga wajib memakai masker kesehatan.

"Kami bersama manajemen Cito Mall juga telah melakukan assesment dengan Satgas Covid-19 Surabaya," ungkap Raka.

Oleh karena itu, pihaknya berharap momen ini bisa menjadi kesempatan bagi pelaku usaha perlengkapan dan pendukung pernikahan untuk maju dan bangkit.

"Kami bersyukur para pelaku usaha perlengkapan pernikahan antusias untuk bangkit dan bersama terlibat di even ini. Ini upaya kami untuk ikut memulihkan ekonomi namun tetap menjaga kesehatan di tengah pandemi," ujar Raka.

Pameran perlengkapan pernikahan terbesar dan terlengkap di Jawa Timur itu sendiri diikuti sebanyak 120 vendor mulai dari rias pengantin atau make up artis, penyedia venue atau gedung, wedding organizer, katering, penyedia souvenir, penyedia dekorasi, fotografi, produk kecantikan, dan sebagainya.

"Masyarakat sudah mulai merancang pesta pernikahan mereka setelah sempat tertunda karena pandemi lalu. Inilah saatnya pelaku usaha bangkit dan menangkap peluang itu. Dan di sini kami mewadahi pebisnis maupun masyarakat yang akan menggelar pernikahan dan disesuaikan dengan konsep di tengah pandemi," ungkap Raka.

Ada beragam kegiatan digelar setiap harinya, seperti parade show dari seluruh karya makeup pengantin dari vendor. "Baik show tunggal maupun show bersama, seluruh perias tetap wajib memakai masker. Dan bagi calon pengantin, inilah kesempatan karena ada banyak promo spesial dari peserta," jelasnya.

Tetkait target transaksi, Raka menuturkan, memang tak akan sebesar saat kondisi normal sebelum pandemi. Jika sebelumnya rata-rata setiap vendor bisa meraup pembayaran DP dari pengunjung sekitar Rp 10 juta per hari, atau secara total selama 4 hari ada transaksi Rp 2 miliar, saat ini pihaknya hanya menargetkan separuh dari angka tersebut.

"Namun demikian kami optimis bahwa even Serba-Serbi Manten akan tetap kami gelar sesuai jadwal di tahun ini, bahkan ada tambahan titik yakni di Lippo Mal Jember," ujar Raka.

Pihaknya sendiri menjadwalkan sepanjang tahun 2021 akan menggelar even serupa sebanyak 10 kali, masing-masing 3 kali di Cito Mall Surabaya, Icon Mall Gresik 3 kali, MOG Malang 3 kali, di Jember 1 kali.

Di tempat yang sama, Head Marketing Communication Cito Mall Surabaya, Indra menambahkan, even Serba-Serbi Manten Expo tersebut diklaim sebagai even percontohan bagi kegiatan di pusat perbelanjaan di Surabaya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Ini sebagai upaya membangkitkan ekonomi di tengah pandemi.

"Ini adalah hasil assesment kami dengan Satgas Covid-19 Surabaya. Untuk itu kami juga bertanggung jawab atas penunjukan ini. Kami pun telah menerapkan mulai seluruh pengunjung yang masuk wajib cuci tangan dengan sabun dan memakai masker, serta tes suhu tubuh," jelasnya. kbc7

Bagikan artikel ini: