Ekonomi dunia ditaksir melesat 5,6 persen di 2021, ini alasannya

Jum'at, 12 Maret 2021 | 11:13 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan atau Organisation for Economic Co-Operation and Development (OECD) memproyeksi perekonomian dunia bisa tumbuh signifikan pada tahun 2021. OECD memperkirakan, pertumbuhan ekonomi dunia tahun ini bisa berada di 5,6 persen yoy (secara tahunan).

Prediksi ini lebih tinggi lebih dari 1 poin persen atau 100 bps dari perkiraan di akhir tahun lalu yang sebesar 4,2 persen.

"Prospek meningkat seiring dengan tanda aktivitas perdagangan yang meningkat dan kegiatan industri manufaktur yang mulai ekspansi sejak Desember 2020," ujar OECD dalam laporannya, seperti dikutip, Kamis (11/3/2021).

Lembaga tersebut juga melihat, aktivitas banyak sektor sudah mulai meningkat dan bahkan sudah bisa beradaptasi dengan pembatasan aktivitas yang diterapkan di seluruh dunia.

Kemudian, ada vaksinasi yang akan meningkatkan momentum pemulihan. Tak lupa, pemerintah (di dunia) juga telah memberikan stimulus, terutama di Amerika Serikat (AS), yang bisa meningkatkan aktivitas ekonomi.

Meski begitu, prospek pemulihan ekonomi di banyak negara dan banyak sektor berbeda. Seberapa cepatnya akan sangat bergantung terhadap progres vaksinasi.

Bila program vaksinasi tidak secepat itu dan bahkan terbukti tidak mempan untuk menahan laju virus juga mutasi virus ini, maka dunia perlu mengubah vaksin saat ini. kbc10

Bagikan artikel ini: