Jokowi berniat buka kembali wisata Bali pertengahan tahun

Rabu, 17 Maret 2021 | 15:57 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi sinyal bakal membuka kembali pariwisata Bali pada pertengahan tahun ini. Hal ini disampaikan Jokowi pada diskusi terbatas dengan para pelaku industri wisata Bali yang tengah mendapatkan vaksinasi di Hotel Harris Sunset Road, Denpasar, Selasa (16/3/2021).

“Tapi kalau semuanya mendukung, hati-hati. Juni (atau) Juli lah baru,” katanya.

Wacana itu pun dipertegas Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno, jika angka kasus Covid-19 terkendali, maka Juni atau Juli pariwisata Bali bisa dibuka secara penuh.

“Jika angka covidnya terkendali. Jika semua patuh protokol kesehatan. Testingnya baik dan diperkuat. Vaksinasi terus digenjot, mudah-mudahan Juni atau Juli,” ungkapnya.

Saat melakukan kunjungan kerjanya di Bali, Jokowi mengatakan bahwa ada tiga zona hijau yang jadi fokus vaksinasi. Di antaranya adalah Ubud, Sanur, dan Nusa Dua.

“Kita harapkan ini menjadi sebuah kawasan hijau, zona hijau yang nantinya bisa kita buka penuh untuk para turis. Sehingga nanti mereka merasa aman dan nyaman tinggal di Bali,” ujarnya.

Menurutnya, jika fokus kepada tiga zona tersebut, maka dapat memicu bangkitnya sektor pariwisata di Provinsi Bali yang sangat terdampak karena adanya pandemi Covid-19. Dia pun mengatakan perlu evaluasi secara rutin di tiga kawasan tersebut.

“Dan kita harapkan dengan kita fokus di tiga zona ini, kebangkitan sektor pariwisata di Provinsi Bali akan dimulai. Dan akan kita evaluasi setiap minggu bagaimana perkembangan yang ada di kawasan-kawasan ini dan pada umumnya di Provinsi Bali,” pungkasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: