Perluas pasar, Menteri Sandiaga minta pebisnis kuliner melek digital

Rabu, 17 Maret 2021 | 22:46 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Para pelaku ekonomi kreatif yang bergerak di sektor kuliner ditekankan agar melek digital. Hal ini dilakukan untuk memperluas pemasaran produk.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, salah satu tantangan yang dihadapi oleh para pelaku kuliner adalah digitalisasi yang kurang merata.

"Pemerintah sudah ada program ‘Ada di Warung’ untuk membantu rantai distribusi produk ekonomi kreatif dengan menyalurkan produk kuliner ke dalam jaringan warung-warung dan toko kelontong di Indonesia yang sudah dijalankan tahun lalu dan juga kembali dilakukan tahun ini juga. Termasuk kemarin juga ada Beli Kreatif Danau Toba," kata Sandiaga dikutip dari keterangannya, Rabu (17/3/2021).

Sandiaga mengatakan, sepanjang 2020 Kemenparekraf/Baparekraf berhasil mendigitalisasikan empat juta pelaku kuliner dari target dua juta pelaku.

"Sedangkan, di tahun ini, program-program tersebut akan kembali dilakukan dengan target yang lebih besar, yakni sekitar delapan juta UMKM," katanya.

Pihaknya juga telah melaksanakan sejumlah program pelatihan seperti pelatihan kemasan produk kuliner, bedah desain kemasan, bedah gerai, promosi dan voucher diskon pada event-event di platform e-commerce.

Program-program ini diharapkan mampu mengangkat nama produk lokal agar tetap eksis dan bisa bersaing dan tentunya tetap menerapkan protokol kesehatan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental sustainability).

"Selain itu, perlu ada kolaborasi, adaptasi, dan inovasi dari kita bersama agar UMKM kuliner kita semakin maju," ungkapnya. kbc10

Bagikan artikel ini: