Semangati pengusaha muda Jatim, Puan optimistis ekonomi segera pulih bertahap

Kamis, 25 Maret 2021 | 07:44 WIB ET

SURABAYA - Ketua DPR RI Puan Maharani  berharap setiap anggota HIPMI Jawa Timur dan HIPMI nasional terus berinovasi dan punya sikap pantang menyerah sehingga menjadi bagian dari kekuatan besar yang mendorong pemulihan ekonomi nasional.

Hal itu disampaikan Puan dalam pidato secara virtual dalam pembukaan Musda XIV HIPMI Jawa Timur, Rabu (24/3/2021), di Surabaya.

“HIPMI perlu menjadi bagian dari solusi kemajuan ekonomi Indonesia,” kata Puan.

Dalam acara yang dihadiri Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Ketua DPD RI La Nyalla Matalitti, Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua HIPMI Jatim demisioner Mufti Anam, dan sejumlah pengurus HIPMI, Puan Maharani menyatakan HIPMI turut menjadi kunci pemulihan ekonomi nasional.

 “Dengan kader-kader yang muda maka HIPMI ini adalah wajah dari masa depan ekonomi Indonesia yang turut memegang kunci kemajuan ekonomi Indonesia,” ujar politisi PDI Perjuangan tersebut.

Perempuan pertama yang menjabat Ketua DPR RI itu berpesan agar kader-kader HIPMI bersiap menghadapi kondisi ekonomi pasca setahun pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah kita mulai melihat sebuah titik terang di ujung jalan. Memang titik itu terangnya belum terlalu terang benderang. Tapi hawa hangatnya sudah mulai terasa dan mulai membangkitkan optimisme kita terhadap masa depan Indonesia, termasuk di bidang ekonomi," ungkapnya.

Sikap optimistis itu, menurut Puan, dilandasi oleh prediksi beberapa lembaga dunia seperti Bank Dunia dan OECD yang memproyeksikan pertumbuhan ekonomi RI tahun ini di kisaran empat persen lebih.

“Purchasing Managers' Index (PMI) Indonesia mengalami tren yang meningkat dari bulan ke bulan sejak September 2020 hingga saat ini,” tegas anggota DPR dari Dapil Jateng V itu.

Di dalam negeri, lanjut Puan, pelaksanaan vaksinasi membuat sikap optimistis lepas dari pandemi makin menguat. Karena itu, Puan mengajak anggota HIPMI ikut menyukseskan program vaksinasi.

 “Termasuk ikut berpartisipasi dalam vaksinasi gotong royong. Tentu melalui koordinasi yang kuat dengan Kementerian Kesehatan dan kementerian terkait lainnya," ujar Puan.

Namun, Puan meminta anggota HIPMI membangun sikap optimistis yang terkalkulasi, jangan sampai terlena dan lengah karena sudah melakukan vaksinasi sehingga malah menghambat momentum positif yang sudah mulai terbangun. 

Puan lalu menyinggung tema Musda HIPMI Jawa Timur, yakni “Siap Tancap Gas”. 

“Kalau seperti mobil itu mau tancap gas, tidak bisa dari diam atau posisi netral langsung masuk gigi 5, malah bisa mati mesinnya,” pesan Puan.

Karena itu, Puan meminta HIPMI bersiap menyambut pemulihan ekonomi secara bertahap.

“Kalau dengan vaksinasi ini kita anggap sudah seperti masuk gigi 1, atau bahkan gigi 2,  tinggal kita lihat bagaimana supaya bisa cepat masuk gigi-gigi berikutnya," ujar Puan.

Di akhir pidatonya, Puan berpesan agar HIPMI bergotong royong dengan Pemerintah untuk menghadirkan ekosistem dunia usaha yang sehat dan produktif, serta inklusif, baik di masa pandemi Covid-19 maupun untuk ke depannya di era pasca pandemi.

Bagikan artikel ini: