Aturan mudik masih dikaji, ini pertimbangan pemerintah

Kamis, 25 Maret 2021 | 11:45 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah masih belum memastikan keputusan terkait boleh atau tidaknya mudik Hari Raya Idul Fitri tahun 2021. Pasalnya, masih ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan.

Menurut Juru Bicara Wakil Presiden (Wapres), Masduki Baidlowi, hingga kini pemerintah masih melakukan kajian terkait mudik. “Kita tunggu saja. Belum tentu boleh dan belum tentu tidak boleh,” katanya di Jakarta, Rabu (24/3/2021).

Dia mengatakan, ada dua aspek yang menjadi pertimbangan soal mudik tahun ini. Pertama soal bagaimana herd immunity tercapai. Kedua herd imunnity juga berkaitan dengan tujuan dasarnya kebangkitan ekonomi.

“Memang ada pikiran di balik mudik itu ada unsur ekonomi yang bergulir, di mana uang dari pusat mengalir ke daerah lewat mudik. Tapi tingkat bahayanya cukup tinggi. Itu yang sedang ditimbang. Aspek ekonomi dan aspek keamanan protokoler itu menjadi pertimbangan,” ujarnya.

Masduki mengatakan saat ini ada rencana pertemuan presiden, wapres, dan para menteri terkait untuk memutuskan mudik diperbolehkan atau tidak. Namun dia tidak menjelaskan secara detail kapan pertemuan itu akan dilaksanakan.

“Karena memang Ramadhan ini banyak sekali rangkaiannya. Bukan hanya sekedar ibadah di awal tapi akhirnya jadi adanya tradisi mudik. Dan itu juga menjadi persoalan yang pelik ya dari sisi kita ingin mencapai target bagaimana agar herd immunity dan suksesnya vaksinasi itu harus kita laksanakan. Itu masih akan ada pertemuan atau akan ada rapat,” katanya. kbc10

Bagikan artikel ini: