Sabar! Kehadiran Clubhouse di Android butuh waktu beberapa bulan

Jum'at, 26 Maret 2021 | 10:33 WIB ET

SANTA CLARA, kabarbisnis.com: Clubhouse yang sempat viral di media sosial beberapa waktu lalu memang membuat para pengguna Android sangat menunggu-nunggu. Maklum, ini merupakan aplikasi audio chat yang masih tersedia di smartphone berbasis iOS.

Perusahaan di balik Clubhouse pun merespon keinginan tersebut. Pihaknya berusaha keras agar Clubhouse bisa dioperasikan di Android. Sayangnya, informasi terbaru yang muncul bahwa harapan itu tak akan terealisasi dalam waktu dekat.

Co-Founder Clubhouse, Paul Davison, mengatakan bahwa pihaknya juga sangat berusaha agar Clubhouse bisa hadir di Android. Namun, pengerjaannya masih membutuhkan waktu beberapa bulan ke depan.

Dikutip dari Tech Crunch, Kamis (25/3/2021), artinya ada kemungkinan Clubhouse hadir di Android pada pertengahan atau akhir tahun ini. Padahal, sebelumnya dikabarkan bahwa kehadirannya di akhir Januari 2021.

Tetapi bukan tanpa alasan, Davison menjelaskan, berdasarkan catatannya, ketika Clubhouse berkembang muncul dampak negatif dalam aplikasi. Misalnya pengguna lebih banyak menemukan grup dalam bahasa asing di feed, atau sulit menemukan teman dan konten-konten yang diinginkan.

Untuk mengatasi tantangan ini, Clubhouse berencana untuk membuat beberapa perubahan, termasuk perubahan pada aktivitas di feed, sehingga ada fitur yang memberikan pengguna kontrol lebih atas pemberitahuan yang mereka terima, serta beberapa fitur lainnya.

Tidak tersedianya Clubhouse di Android membuat munculnya beberapa aplikasi tak bertanggung jawab. Pengembang aplikasi memanfaatkan celah ini dengan menciptakan "panduan Clubhouse", dan sengaja membuat bingung para pengguna Android karena menggunakan logo aplikasi yang sama.

Sementara itu, Google sepertinya tidak mau repot-repot membersihkan aplikasi-aplikasi tidak jelas dan melanggar itu dari Play Store. kbc10

Bagikan artikel ini: