Tak melulu modal, ini kunci sukses yang harus dimiliki UMKM

Jum'at, 26 Maret 2021 | 13:40 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Potensi sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) cukup besar untuk terus berkembang. Kreativitas dan pasar yang besar di Tanah Air menjadi indikasinya. Namun demikian, banyak hal yang harus diperhatikan pelaku usaha agar terus berkembang dan sukses.

Menurut Ketua Yayasan Darma Bhakti Astra (YDBA) Sigit Kumala, pelaku UMKM harus memiliki semangat sebagai landasan untuk meraih kesuksesan. "Spirit atau semangat wajib dimiliki oleh setiap pelaku UMKM sektor apapun," ujarnya pada acara kolaborasi pengembangan dan pembinaan UMKM dari Astra secara virtual, Kamis (25/3/2021).

Sigit menjelaskan, jika semangat tersebut telah terpenuhi, maka usaha yang dirintis akan berkembang dan membawa banyak keuntungan. Semangat tersebut akan berkembang menjadi semangat dalam bentuk lain. Pertama akan menumbuhkan semangat dalam berinovasi. Semangat ini akan membuat pelaku usaha melakukan inovasi diversifikasi produk.

Kemudian inovasi pengolahan produk menjadi bentuk lain, misalnya pedagang cabai yang semula hanya menjual saja kepada tengkulak kemudian mereka berinovasi membuat produk cabai bubuk. Lalu Inovasi pengemasan produk dan inovasi pemasaran produk.

Jika semangat tersebut telah menjadi landasan kuat, maka saat mendapat goncangan apapun tidak akan pernah goyah. "Jangan pernah memikirkan untung dan rugi dulu. Harus miliki kunci semangat terlebih dahulu agar bisa survive dan kompetitif. Jangan pernah takut untuk selalu produktif," pungkas Sigit. kbc10

Bagikan artikel ini: